Analisa Usaha Ayam Joper Yang Menguntungkan

Berbisnis peternakan ayam, terutama jika berniat menjalankan bisnis ternak ayam joper, tentu butuh analisa usaha ayam joper yang tepat dan benar. Hal ini supaya dapat memperkirakan berapa besarnya modal yang diperlukan serta berapa lama dapat mengembalikan modal dan memperoleh keuntungan. Tentunya ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak analisa usaha ayam joper yang harus disiapkan. Jika bingung hendak memulai dari mana, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Dalam hal ini CV Nitnot yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur siap membantu memberikan perkiraan analisa yang tepat dan baik sehingga dapat menjadi patokan untuk berbisnis ternak ayam joper.

Perkiraan Modal Awal

Untuk memulai analisa, katakanlah jika ingin memelihara kurang lebih 100 ekor ayam, maka perlu analisa usaha ayam joper 100 ekor. Hal ini tentu membutuhkan beberapa detail untuk memberikan gambaran berapa sebaiknya modal awal yang harus dikeluarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini rincian modal yang harus dikeluarkan di awal sebelum memulai usaha ternak ayam joper.

  • Doc ayam joper 100 ekor senilai 540 ribu rupiah.
  • Pakan awal 4 sak senilai 1.6 juta rupiah
  • Sekam, probiotik, dan vitamin senilai 120 ribu rupiah.
  • Listrik senilai 50 ribu rupiah.
  • Susut kendang senilai 30 ribu rupiah.
  • Biosecurity senilai 75 ribu rupiah.
  • Koran bekas senilai 15 ribu rupiah.

Dari rincian modal yang diperlukan di awal di atas, maka perkiraan jumlah modal awal sebelum memulai peternakan yaitu sebesar 2.43 juta rupiah. Nilai ini belum termasuk vaksin.

Perhitungan Keuntungan

Setelah mengetahui besaran modal yang diperlukan untuk usaha ternak ayam joper, maka selanjutnya yaitu mengetahui masa BEP dan keuntungan yang didapatkan. Umumnya paling cepat ayam joper dapat dipanen setelah 2 hingga 3 bulan. Oleh karena itu dengan melakukan estimasi yang paling buruk yaitu masa panen setelah 3 bulan dan kemungkinan sukses sebesar 90%, maka berikut ini perhitungan analisa usaha ayam joper 100 ekor saat masa panen.

  • 100 ekor doc ayam joper yang tumbuh setelah 2 bulan dan siap panen sebesar 90% totalnya ada 90 ekor. Apabila 1 ekor ayam memiliki berat kurang lebih 1 kilogram, maka secara keseluruhan ada 90 kilogram daging ayam untuk dijual.
  • Saat ini harga ayam joper per kilogram senilai 33 ribu rupiah. Sehingga jika ada 90 kilogram akan didapatkan hasil 2.97 juta rupiah.
  • Dari hasil penjualan dikurangi modal awal maka akan didapatkan keuntungan dari penjualan pertama sebesar 2.97 juta rupiah dikurangi 2.43 juta rupiah yaitu 540 ribu rupiah.

Dari perhitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam 3 bulan pertama setelah mengeluarkan modal akan mendapatkan BEP dan keuntungan sebesar kurang lebih 540 ribu rupiah. Perlu diketahui bahwa nilai perhitungan tersebut hanya merupakan estimasi. Sehingga kasus dan hasilnya akan berbeda pada tiap peternakan. Bisa jadi lebih kecil namun bisa jadi juga lebih besar keuntungannya. Karena itu sebaiknya mulai dengan jumlah kecil dulu yaitu 100 ekor dan selanjutnya bila sudah yakin dapat ditambahkan hingga beberapa ratus atau bahkan ribuan ekor ayam. Dengan perhitungan yang optimal, maka dapat diketahui dengan jelas prospek dari usaha ini serta keuntungan yang akan diraih di kemudian hari.

Cara Mengatur Usaha Ayam Joper Yang Baik

Untuk dapat memperlancar bisnis ternak ayam joper, maka diperlukan manajemen dan sistem pengelolaan yang tepat. Terutama jika ingin mendapat keuntungan yang maksimal. Sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini yang akan berperan dalam meningkatkan usaha ternak ayam joper yang dilakukan.

  • Lakukan analisa usaha yang sebaik mungkin supaya mendapatkan gambaran berapa modak yang diperlukan serta kapan waktu yang tepat untuk BEP dan meraih keuntungan.
  • Pastikan untuk menjaga kebersihan kendang secara maksimal sehingga ayam bertumbuh maksimal dan tidak mudah terserang penyakit. Kandang yang bersih dan sehat memudahkan pertumbuhan ayam akan lebih maksimal sehingga dapat memasuki masa panen tanpa masalah.
  • Pastikan memilih doc ayam joper unggulan sehingga dapat bertumbuh sesuai dengan ekspetasi. Jangan tertarik harga yang murah saja tetapi ternyata tidak memberikan doc yang berkualitas sehingga akhirnya merugi dan tidak dapat panen maksimal.
  • Selalu berikan pakan yang terbaik dan sesuai dengan usia ayam, sehingga ayam dapat memiliki berat badan yang optimal dan siap dipanen sesuai masanya. Apabila pakan yang diberikan tidak baik maka otomatis berat ayam joper tidak dapat meningkat dengan signifikan.

Keuntungan Berbisnis Dengan CV Nitnot

Dalam melakukan analisa usaha bersama CV Nitnot, tentunya ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Cara order yang mudah.

Di CV Nitnot tidak perlu bingung jika hendak melakukan order. Karena proses order di tempat kami cukup mudah. Bisa dengan mengisi form yang tersedia di web ataupun mengirimkan pesan melalui WA. Tim kami akan segera melakukan proses pemesanan dan mempersiapkan order dalam waktu yang singkat. Sehingga tidak perlu khawatir menunggu lama atau tidak mendapat respon sesuai keinginan.

  • Pengiriman cepat dan kontinyu.

Di CV kami semua proses pengiriman berjalan cepat dan juga kontinyu. Baik yang berada di sekitar Blitar hingga yang berada di luar pulau. Tidak perlu ragu saat memesan pada kami karena hingga saat ini CV Nitnot dilengkapi oleh surat rekomendasi dan SKKH dari dinas perternakan untuk pengiriman doc ayam joper hingga ke luar pulau. Selain itu stok kami selalu memenuhi kebutuhan sehingga tentunya akan tetap kontinyu selama dibutuhkan.

  • Harga sesuai kualitas

Di tempat kami juga memberikan rentang harga yang sesuai dengan kualitas yang akan didapat. Tidak perlu khawatir mendapat doc yang kurang baik karena proses pengiriman dilakukan dengan seleksi yang cukup ketat. Hal ini untuk meningkatkan dan menjaga kualitas doc ayam joper yang dikirimkan supaya selalu yang terbaik.

  • Doc ayam joper berkualitas

Doc ayam joper dari tempat kami juga merupakan doc unggulan yang sehat dan tidak mudah sakit. Hal ini karena doc di tempat kami berasal dari indukan yang berkualitas. Sehingga otomatis doc yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang sehat dan prima. Dari kualitas doc yang baik maka tentu pelanggan tidak akan mudah merugi, terutama bagi pemula yang masih berusaha mempelajari seluk beluk bisnis ternak ayam.

Demikian beberapa informasi singkat tentang analisa usaha ayam joper 100 ekor, mulai dari perkiraan modal awal, BEP hingga perhitungan keuntungan yang dapat diperoleh. Tentunya dalam melakukan usaha diharapkan perolehan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu lakukan analisa dengan hati-hati dan cermat. Segera hubungi CV Nitnot di 0852 0444 2224 dan tidak perlu ragu-ragu. Berapapun jumlah modal yang dimiliki, maka hal tersebut dapat disiapkan dengan baik dan akan kami bantu untuk menentukan harga yang paling ekonomis. Sebaiknya lihat terlebih dahulu portfolio kami di web ayamjoper.id untuk lebih meyakinkan dan tidak ada rasa ragu dari awal akan kapasitas perusahaan kami. Kami tunggu Anda untuk segera menghubungi kami!

Leave a Comment