Cara Beternak Ayam Joper (Jawa Super) Yang Paling Efektif

Memulai bisnis peternakan ayam memang membutuhkan ketekunan. Termasuk juga membutuhkan pengetahuan bagaimana cara memelihara ayam dan cara beternak yang tepat. Salah satunya jika berminat untuk memelihara ayam joper atau yang biasa dikenal dengan sebuatan ayam jawa super. Ayam yang satu ini merupakan peranakan dari ayam jantan jawa dengan ayam betina layer. Karena itu hasilnya memiliki kemiripan dengan ayam jawa. Untuk cara beternak ayam joper juga tidak terlalu sulit. Bagi yang belum mengetahui secara detail, berikut ini beberapa langkah cara ternak ayam joper yang paling mudah.

Cara Ternak Ayam Jawa Super

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai cara beternak ayam kampung super. Umumnya di awal harus memperhatikan beberapa hal berikut supaya dapat cepat memanen hasil dan memperoleh keuntungan:

  1. Persiapkan dan pilih kandang yang sesuai. Pastikan area untuk membangun kandang adalah tempat yang cukup luas sesuai jumlah ayam yang akan dipelihara. Serta pastikan cukup higienis supaya tidak mudah menimbulkan penyakit. Umumnya kandang ayam joper terdiri dari beberapa luasan. Bagi ayam usia 1-6 hari maka tiap meter persegi akan mampu menampung hingga 60 ekor ayam. Jika ayam berusia 2 minggu, maka hanya sanggup memuat 40 ekor saja. Saat ayam berusia sebulan, maka muat untuk 20 ekor saja. Saat mendekati masa panen atau menuju 2 bulan, umumnya tiap meter persegi kandang hanya mampu menampung 9 ekor ayam. Melihat hal tersebut sebaiknya pastikan membuat kandang sesuai jumlah ayam yang dipelihara. Pastikan kandang tidak terlalu sempit dan berdesakan sehingga dapat memiliki sirkuliasi udara yang cukup baik.
  2. Pastikan untuk lebih dulu memilih doc ayam joper yang berkualitas. Jika memang baru pertama kali dan merasa bingung, ada baiknya mempercayakan pemilihan doc pada CV Nitnot yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur. Karena di sini doc atau bibit ayam joper yang disediakan rata-rata sehat serta berkualitas. Sehingga akan tumbuh maksimal dan dapat cepat dipanen. Ditambah dengan prosedur ketat yang dijalankan perusahaan dimana setiap bibit yang dikirim merupakan bibit unggulan saja. Sehingga sudah pasti pelanggan CV Nitnot akan mendapat keuntungan yang maksimal dengan bibit berkualitas tersebut.
  3. Selanjutnya dalam cara beternak ayam kampung super ini yaitu dengan memastikan jenis pakan yang akan diberikan. Tentukan jenis pakan yang paling sesuai supaya pertumbuhan ayam joper dapat signifikan. Umumnya bagi doc ayam joper yang berusia kurang dari 4 minggu cukup diberikan pakan voer murni tanpa campuran apapun. Lain halnya jika ayam telah berusia 1 bulan lebih. Maka pakan dapat dicampurkan dengan beberapa jenis pakan yang lain seperti misalnya bekatul atau jagung.
  4. Cara ternak ayam jawa super berikutnya yaitu dengan rajin memberikan konsumsi vitamin sesuai dengan usia ayam. Tentunya berbeda jenis vitamin yang diberikan pada ayam berusia 1 hari, 1 minggu atau 1 bulan. Pemberian vitamin ini selain untuk menjaga ayam joper tetap sehat juga membantu untuk meningkatkan nafsu makan. Sehingga berat badan ayam akan bergerak naik secara stabil sesuai dengan pertumbuhannya.
  5. Kemudian apabila mendapati ayam yang sakit sebaiknya segera pisahkan dengan ayam yang sehat. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit yang umumnya terjadi dengan cepat. Apabila masih memungkinkan sebaiknya segera obati ayam yang sakit. Untuk itu juga penting mengontrol kondisi kesehatan tiap ayam secara berkala.

Manajemen Ternak Ayam Joper

Tentunya untuk mendapatkan hasil serta kualitas yang unggul, perlu manajemen ternak yang memadai dan sesuai. Oleh karena itu sebaiknya ketahui bagaimana cara yang baik dalam mengatur peternakan sekaligus menyiapkan panen serta kualitas ayam joper unggulan. Bila memang masih belum paham apa saja langkah yang harus dilakukan, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Dalam hal ini bisa mencoba untuk menyerahkan pada CV Nitnot yang akan memberikan saran bagaimana mengatur serta memaksimalkan peternakan.

Pada intinya jika ingin cara beternak ayam kampung super ini dapat berhasil, sebaiknya perhatikan beberapa unsur penting. Yang pertama sebaiknya selalu pastikan untuk menjaga kebersihan kandang. Karena sangat penting untuk mengupayakan kandang selalu bersih sehingga bebas dari penyakit. Terutama penyakit seperti tetelo yang mudah menyebar dan dapat menyebabkan kematian atau gagal panen. Langkah lainnya bisa juga dengan memberikan vaksinasi secara rutin untuk membantu supaya kondisi ayam tetap sehat.

Selanjutnya yang tak kalah penting dalam manajemen cara beternak ayam joper yang baik yaitu memastikan selalu memantau kondisi ayam. Seperti misalnya menimbang berat badan ayam secara rutin untuk dapat mengetahui perkiraan masa panen yang tepat. Kemudian juga pastikan kualitas pakan yang diberikan juga baik supaya pertumbuhan berat ayam semakin meningkat. Apabila didapati berat badan ayam tidak kunjung naik, maka bisa jadi pakan yang diberikan kurang cocok. Ada baiknya berikan pakan yang lebih sesuai.

Masa Panen Ayam Joper

Banyak peternak ayam yang melirik bisnis ternak ayam joper salah satunya karena masa ternaknya yang singkat serta kualitas daging ayamnya yang menyerupai daging ayam kampung. Oleh karena itu untuk memenuhi permintaan pasar, maka bisnis ternak ayam joper dipandang sebagai salah satu solusi yang menjanjikan. Oleh sebab itu, dalam cara ternak ayam jawa super ini, yang tak kalah penting yaitu menentukan masa panen ayam joper yang tepat. Dengan masa panen yang tepat serta sesuai, maka dapat diperoleh hasil berkualitas sesuai keinginan pelanggan.

Sering kali para peternak ayam joper pemula masih ragu dan bimbang dalam menentukan masa panen. Untuk diketahui lebih lanjut, bahwa masa panen yang tepat yaitu saat ayam sudah berusia kurang lebih 2-3 bulan. Mengapa demikian? Karena di usia tersebut adalah masa dimana berat badan atau bobot ayam sudah memenuhi kualifikasi dan kualitas yang diminta oleh pasar. Umumnya masa ternak ayam joper yang akan dipanen pada berat sekitar 0.8 hingga 0.9 kilogram yaitu pada usia 2 bulanan. Sedangkan jika ingin memanen ayam joper dengan berat di atas 1.2 kilogram maka sebaiknya dilakukan saat ayam berusia 3 bulan. Hal ini tentu bisa disesuaikan dengan kondisi permintaan pada pasar. Sehingga masa panen dapat diatur sesuai dengan permintaan yang akan dipenuhi.

Itulah tadi sekilas cara ternak ayam joper yang cukup mudah dan praktis untuk diikuti. Terutama jika belum berpengalaman menjalankan bisnis tersebut. Sebaiknya tidak perlu ragu dan segera hubungi CV Nitnot di nomer telepon 0852 0444 2224. Bersama CV Nitnot, para peternak ayam joper pemula dapat memperoleh kisi-kisi bisnis beternak ayam yang menguntungkan serta cara ternak ayam joper yang dijamin sukses. Apabila masih ragu sebaiknya cek terlebih dahulu di situs Ayamjoper.id untuk melihat beberapa informasi penting beserta portfolio perusahaan sebelumnya. Dengan demikian tidak perlu merasa ragu dan mempertimbangkan lebih lama. Segera hubungi dan dapatkan penawaran menarik sesuai dengan besarnya modal yang dimiliki.

Leave a Comment