cara beternak entok

Cara Beternak Entok

Siapa sangka cara beternak entok tak sesulit yang dibayangkan? Hewan ternak satu ini tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Layaknya ayam dan bebek, entok jadi menu makanan yang kerap disajikan di rumah makan. Tekstur dagingnya yang alot namun gurih selalu jadi incaran para pencinta entok. Lantas, bagaimana cara memulai budidaya entok yang sukses?

Cara Beternak Entok Untuk Pemula

ternak entok

Sebelum membahas cara beternak entok agar cepat besar, tak ada salahnya kita membahas unggas yang satu ini. Meskipun entok masih satu famili dengan bebek, daging entok ternyata jauh lebih bergizi. Beberapa penelitian menyebutkan daging entok cocok dikonsumsi para penderita anemia maupun pelaku diet. Ini dikarenakan kandungan lemak, kalori, dan protein entok lebih tinggi dibanding bebek.

Di beberapa rumah makan, entok justru jadi menu andalan. Citarasa entok yang khas dan terkenal gurih memang jadi alasan utama. Tak ayal banyak pembeli yang sengaja datang dari luar kota hanya untuk mencicipi kelezatan daging unggas satu ini. Walaupun pengolahannya terbilang ribet ditambah bau anyir yang khas, daging entok justru sangat nikmat.

Pantas saja kalau harga daging entok di pasaran pun terbilang stabil. Jika dibandingkan dengan unggas lain yang naik dan turun secara drastis, entok tak demikian. Permintaan pasar terhadap entok yang cukup tinggi memungkinkan harganya tetap tinggi di masa sulit sekalipun. Sayangnya, tak banyak peternak yang melirik unggas satu ini untuk dibudidayakan.

Dengan kondisi ini, Anda tentu bisa mencoba beternak entok. Caranya pun tak sulit, sama seperti beternak unggas pada umumnya. Anda hanya perlu memperhatikan hal-hal krusial yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan si entok. Selain itu, ketahui pula faktor pendukung yang mempercepat proses kembangbiak entok dari waktu ke waktu.

Perlu diketahui, entok dan bebek punya perbedaan fisik yang cukup mencolok. Setidaknya, entok punya postur tubuh yang lebih tinggi serta padat daripada bebek. Sehingga daging yang dihasilkan pun cukup banyak kalau dibandingkan dengan bebek. Jenisnya pun ada beragam di pasaran, seperti entok berbulu putih, bulu biru kehitaman, atau campuran dari keduanya.

Cara Beternak Entok yang Benar : Desain Kandang

kandang entok

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk beternak entok adalah kandang. Nantinya, kandang bakal jadi tempat ternyaman dan aman bagi unggas ini. Kandang entok harus didesain senyaman mungkin demi menjaga suhu tetap stabil. Entok mesti terlindungi dari perubahan cuaca yang ekstrim serta angin. Untuk lokasi sendiri, cara beternak entok pedaging tak terlalu memperhitungkannya.

Buat Anda yang punya keterbatasan dana, lokasi peternakan bisa berdekatan dengan area rumah. Misalnya saja, memanfaatkan halaman rumah yang tak dipakai untuk membangun kandang. Beri saja jarak sekitar 10 – 20 meter dari rumah utama guna menghindari bau kotoran. Jarak antara rumah dan kandang juga berkaitan dengan kesehatan sang empunya, yaitu Anda dan keluarga.

Desain kandang sendiri dianjurkan mengikuti model kandang baterai yang terbuat dari bambu. Model ini dirasa efektif dan cukup hangat di musim-musim tertentu. Untuk ukuran kandang, Anda sebenarnya bisa menyesuaikan dengan populasi entok yang ingin dibudidayakan. Ada baiknya sesuaikan pula dengan ketersediaan lahan yang dimiliki.

Bila Anda memutuskan beternak entok dalam jumlah besar, sebaiknya pilih lokasi yang memang jauh dari permukiman. Minimal pilih lokasi yang benar-benar bebas predator serta suhu cukup kondusif. Saat mendesain kandang, pastikan Anda membagi area menjadi 2 bagian. Batasi area tersebut dengan pagar pembatas untuk menjaga entok tak berkeliaran dengan bebas.

Faktor Lingkungan Jadi Cara Beternak Entok yang Baik

Faktor Lingkungan Jadi Cara Beternak Entok yang Baik

Apa yang harus diperhatikan dari beternak entok? Sebagai peternak pemula, Anda tentu perlu banyak belajar perihal unggas ini. Salah satunya lingkungan yang disukai dan tidak disukai oleh entok. Walaupun ini berkaitan dengan kandang, tak ada salahnya dijelaskan secara terpisah. Dengan begini, Anda lebih paham dan jelas hal-hal yang harus dihindari saat beternak entok.

Mengingat entok suka lingkungan yang becek dan berlumpur, ada baiknya kandang berdekatan dengan sawah, sungai, atau kubangan air. Anda bisa membuat kubangan air pada area kandang, tapi pastikan penempatannya terpisah dengan area pakan dan minum. Langkah ini demi menghindari terjadinya kontak langsung kotoran dengan makanan unggas.

Supaya lebih mudah, kita akan memberikan gambaran umum. Misalnya Anda ingin membangun kandang seluas 10 meter persegi. Bagi dua area tersebut menjadi area naungan dan kubangan air. Untuk area naungan, entok bisa istirahat serta makan dan minum. Sementara kubangan bakal dijadikan area berjemur dan bermain bagi entok.

Area sekitar kandang juga harus mendapat sinar matahari yang cukup, terutama di pagi hari. Sinar matahari sangat dibutuhkan entok untuk tumbuh dengan sehat. Bukan hanya sinar matahari, cara beternak entok yang baik juga memperhatikan sanitasi lingkungan. Pastikan Anda rajin membersihkan area kandang agar kotoran tak menimbulkan masalah.

Meskipun entok punya daya tahan tubuh yang baik, namun lingkungan kotor dapat berpengaruh buruk. Berbagai penyakit dapat timbul dari kondisi lingkungan yang tak sehat. Selain membersihkan kandang, rutin pula cek kondisi entok. Kalau Anda menemukan entok yang sakit, segera pisahkan dari entok-entok lainnya. Ini untuk mencegah penyebaran penyakit terjadi lebih cepat dan masif.

Kunci Agar Entok Cepat Bertelur : Vaksin dan Vitamin

cara cepat untuk entok bertelur

Beralih dari masalah kandang dan lingkungan, beternak entok juga butuh penjadwalan vaksinasi serta pemberian vitamin. Anda mungkin mengira unggas tak butuh perawatan ekstra seperti ini bukan? Jangan salah, unggas justru butuh vaksin serta vitamin yang tepat untuk tetap sehat dan cepat bertelur. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, entok memang tak gampang sakit, tapi butuh vaksin.

Mengapa vaksin harus dilakukan saat beternak entok? Sebab entok rentan tertular virus dari sekitarnya. Adapun beberapa virus yang dikhawatirkan adalah flu, pilek, salmonellosis, serta fowl pox. Supaya tak mengalami gagal panen, usahakan beri vaksin pada entok-entok Anda. Beberapa jenis vaksin sebenarnya bisa diberikan secara mandiri oleh pemilik.

Sayangnya, beberapa vaksin justru butuh penanganan profesional. Tak perlu ragu menggunakan jasa vaksin profesional agar entok tetap sehat. Berbeda dari vaksin, vitamin justru bisa dicampurkan ke dalam pakan maupun minuman entok. Sehingga Anda tak perlu melakukan usaha ekstra untuk melakukannya. Jenis vitamin yang dianjurkan pun tentu disesuaikan dengan kondisi serta bobot tubuh entok.

Pemberian vitamin pada entok bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini efektif mencegah beragam penyakit yang sering dialami oleh unggas. Pada beberapa kasus, pemberian vitamin dan vaksin memperkecil peluang gagal panen di musim tertentu. Sudah banyak kasus gagal panen dari peternak akibat penyakit-penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus.

Jika Anda berniat mencampurkan vitamin ke dalam pakan, perhatikan pula beberapa hal. Jenis pakan yang disarankan adalah memiliki campuran konsentrat stratet. Konsentrat dan vitamin menjadi kombinasi pas untuk menghasilkan entok pedaging. Pasalnya, jenis pakan ini mampu mempertahankan nafsu makan entok, sehingga berimbas pada bobot tubuh mereka.

Penerapan Cara Beternak Entok Efektif

Poin penting dalam beternak entok sudah dijabarkan secara mendetail di atas. Dari semuanya, tentu ada manfaat yang bisa diambil dari beternak entok. Setidaknya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh para peternak entok, yakni:

1. Konsumsi Sehat

ternak entok yang benar

Daging entok terbukti mengandung protein, kalori, serta lemak sehat untuk tubuh manusia. Buat Anda yang tengah menjalani diet, entok bisa jadi sumber nutrisi lengkap yang ramah di kantong. Berbeda dari ayam, daging entok justru memberi berbagai manfaat bagi tubuh. Rasa dagingnya pun sangat gurih dan lezat, sehingga tak butuh banyak bumbu saat diolah.

2. Sumber Pendapatan

Sumber Pendapatan beternak entok

Sama seperti ayam dan bebek, entok bisa jadi sumber pendapatan utama maupun tambahan. Anda bisa menjual telur maupun daging entok ke pasaran. Harga jualnya pun sangat stabil, sehingga menguntungkan Anda. Selain dijual langsung ke pasar, Anda pun bisa menawarkan entok ke restoran atau rumah makan. Tentu harga yang ditawarkan berbeda dari pasaran pada umumnya.

3. Pupuk Kandang

pupuk kandang

Kotoran unggas ini masih bisa Anda manfaatkan untuk berbagai hal. Satu diantaranya pembuatan pupuk kandang yang memberi manfaat lebih pada pertumbuhan tanaman. Kotoran entok diketahui efektif membantu pertumbuhan tanaman tanpa efek samping.

4. Perawatan yang Mudah

merawat entok

Masih merasa beternak entok menyulitkan? Anda mungkin merasakan sebaliknya, sebab entok tak butuh perawatan khusus yang menyita waktu. Beternak entok bisa dilakukan sembari mengisi waktu luang atau memanfaatkan lahan yang ada.

Jual DOE / Bibit Entok Berkualitas

jual doe bibit entok

Kami CV. Nitnot menjual DOE atau bibit entok berkualitas dengan harga yang murah, kami bisa kirim sampai lokasi untuk wilayah pulau Jawa dan Madura, karena kami memiliki armada sendiri yang siap mengantarkan hingga lokasi. Tim driver kami sudah cukup berpengalaman selama bertahun tahun dalam mengirim produk unggas di seluruh Kota di Pulau Jawa dan Madura.

Untuk pembayaran dapat dilakukan di tempat pada saat doe atau bibit entok sudah tiba di tempat anda, dan kami juga akan memberikan garansi jika ternyata terjadi kematian bibit entok pada saat tiba di tempat anda, sehingga anda akan aman bila bertransaksi dengan perusahaan kami. Anda dapat menghubungi kami dengan cara klik tombol telepon yang berada di bawah layar ponsel anda.

Related Posts

Leave a Comment