ternak burung puyuh

Cara Beternak Puyuh

Dalam beternak Anda bisa memilih berbagai jenis hewan ternak dengan mencari referensi di artikel atau sumber lainnya, salah satunya adalah cara beternak puyuh. Burung puyuh adalah salah satu hewan ternak yang memiliki dua keuntungan.

Karena, tidak hanya telurnya saja yang bisa dikonsumsi melainkan dagingnya juga bisa diolah menjadi beberapa masakan. Untuk Anda yang belum tentu mengenai informasi ini, maka ulasan ini bisa membantu Anda untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Siapa tahu jika setelah mengetahui tentang burung puyuh Anda ingin menjalankan usaha ternak.

Bagaimana Cara Beternak Puyuh Petelur untuk Pemula?

Beternak Puyuh Petelur

Sebagai seorang pemula yang menjalankan usaha ternak telur puyuh, maka Anda harus mencari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya dari sumber manapun. Tujuannya untuk meminimalisir resiko rugi dari jumlah yang kecil hingga jumlah yang besar sekalipun.

Kerugian bisa ada di depan mata apabila Anda sudah salah menetapkan modal tanpa perhitungan, memakai alat yang tidak terlalu penting, tidak memperhitungkan pakan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perhatikan beberapa cara beternak puyuh petelur yang baik untuk pemula.

1. Tentukan Lokasi yang Tepat untuk Beternak

lokasi beternak

Dalam memulai usaha ternak hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang tepat. Lokasi yang memenuhi syarat untuk dijadikan tempat ternak adalah dekat dengan sumber air bersih, jauh dari keramaian tempat umum, jalurnya bisa dengan mudah dilalui oleh transportasi, lingkungan lokasi bersih, dan sirkulasi udaranya bagus.

Beberapa syarat tersebut akan mempengaruhi bagaimana burung puyuh itu akan berkembang. Jika lingkungan atau lokasinya tidak mendukung maka hasil ternak sedikit banyak akan terganggu.

2. Siapkan Kandang untuk Rumah Burung Puyuh

kandang puyuh baru

Setelah mendapatkan lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan kandang untuk tempat tinggal burung puyuh. Membuat kandang itu sendiri harus memperhatikan temperatur yang idealnya 20 hingga 25 derajat celcius. Selain itu, kelembaban udaranya sekitar 3 sampai 80 persen.

Tidak hanya itu, ternak burung juga membutuhkan penerangan 25-40 watt pada siang hari dan 40-60 watt pada malam hari. Penerangan ini digunakan untuk menghangatkan badan burung puyuh yang ada di kandang tersebut.

3. Pilihlah Bibit Puyuh yang Berkualitas

doq bibit puyuh

Apabila kandang untuk beternak sudah siap, saatnya Anda mencari bibit burung puyuh unggul yang akan menghasilkan hewan ternak yang berkualitas hingga besar. Salah satu cara memilih bibit yang berkualitas adalah puyuh yang masih berada di masa produktif. Kira-kira puyuh produktif ini berusia 3 minggu.

Ciri-ciri bahwa bibit tersebut sehat adalah geraknya yang lincah dan aktif, bentuk tubuh yang tegap dan sempurna, serta warna bulu yang tidak kusam dan terlihat cerah. Jika bibit burung yang Anda lihat memiliki ciri-ciri yang seperti ini maka tidak masalah untuk dijadikan bibit puyuh unggulan.

Untuk anda yang ingin mendapatkan bibit puyuh berkualitas anda dapat menghubungi kami dengan cara klik tombol telepon yang berada di bawah layar ponsel anda.

4. Rawatlah Burung Puyuh Selama Proses Ternak

perawatan burung puyuh

Sama halnya seperti hewan ternak yang lainnya, Anda harus memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungannya agar tidak sampai ada bakteri dan penyakit yang menyentuh puyuh itu sendiri. Hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk selalu diperhatikan adalah kesehatan puyuh.

Apabila burung menunjukkan bahwa dirinya tidak sehat seperti tidak selincah biasanya, terlihat lesu dan tanda berbeda lainnya maka sebaiknya Anda memeriksa dengan memberi obat agar sakitnya tidak sampai parah dan mengakibatkan burung tersebut mati.

5. Pemberian Pakan yang Baik dan Benar

pakan burung puyuh

Pakan yang bisa Anda berikan pada hewan ternak Anda satu ini adalah pelet, tepung, dan remah-remah. Dalam pemberian pakannya, bisa Anda lakukan dua kali dalam sehari untuk puyuh anakan dan satu kali sehari saja di pagi hari untuk puyuh yang dewasa. Jangan sampai Anda terlambat memberi makan yang dapat mengakibatkan puyuh terkena penyakit.

Kandang Untuk Beternak Puyuh Petelur

Kualitas Kandang Salah Satu Cara Beternak Puyuh Bertelur

Kandang yang tepat untuk tempat tinggal puyuh adalah sesuai dengan usia burung puyuh tersebut. Terdapat beberapa jenis kandang yang harus Anda sesuaikan dengan kondisi burung tersebut. Misalnya puyuh tersebut dalam keadaan siap bertelur, maka Anda harus menyiapkan kandang dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah puyuh yang akan diternak.

Kalau untuk burung puyuh anakan, yaitu sekitar usia 1 hari sampai 3 minggu maka Anda harus menyediakan kandang yang memberikan kehangatan sesuai dengan kebutuhan puyuh itu sendiri. Sedangkan untuk puyuh yang berusia 3 sampai 6 minggu atau yang biasa disebut dengan grower ini bisa Anda sesuaikan dengan ukuran kandang milik puyuh petelur. Adapun ukuran kandang tersebut adalah panjang 100cm x lebar 60cm x dan tinggi 30cm.

Analisa Bisnis Ternak Puyuh Untuk 1000 Ekor

harga puyuh petelur

Usaha ternak yang baik adalah adanya analisa modal yang harus diperhitungkan secara matang dan menyiapkan semua perlengkapan agar ternak bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendala perlengkapan. Peluang yang dimiliki oleh ternak burung puyuh ini cukup besar di pasaran, karena beberapa daerah di Indonesia masih terbilang langka orang-orang yang menjalankan bisnis ini.

Dengan demikian tidak menutup kemungkinan jika usaha Anda bisa menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dengan konsumen yang ada dimana-mana. Konsumen yang dapat Anda temukan mungkin seperti sesama peternak yang hanya membeli bibit kepada Anda atau tempat makan yang menjual olahan burung puyuh.

Untuk alat kelengkapan yang harus Anda miliki adalah oven pengering, mesin giling pakan, ayakan, mesin cetak pakan, wadah, terpal, pembuatan kandang, sewa lahan, mesin penetas telur agar lebih cepat bertelur, timbangan, timba, selang, serta peralatan tambahan lainnya.
Sedangkan untuk biaya operasional setiap bulannya sebagai berikut :

  • Penyusutan mesin giling (Rp2.250.000)
  • Penyusutan mesin cetak pakan (Rp2.330.000)
  • Penyusutan oven pengering (Rp2.560.000)
  • Penyusutan ayakan (Rp430.000)
  • Penyusutan dalam pembuatan kandang (Rp11.260.000)
  • Penyusutan wadah (Rp334.000)
  • Penyusutan terpal (Rp338.000)
  • Penyusutan timbangan (Rp278.000)
  • Penyusutan mesin untuk penetas telur (Rp876.000)
  • Peralatan tambahan lainnya bisa mencapai Rp1.000.000
  • Jika ternak Anda cukup besar dalam artian dalam jumlah banyak pasti membutuhkan gaji karyawan sekitar Rp1.700.000

Analisa ini hanya berdasarkan perkiraan saja, jadi bisa lebih atau bahkan kurang dari estimasi yang sudah dituliskan ini.

Pakan Merupakan Faktor Puyuh Agar Cepat Bertelur

Pakan Puyuh

Selain menggunakan mesin pencetak telur, Anda bisa menggunakan alternatif lain agar ternak puyuh Anda bisa cepat menghasilkan telur dengan cara yang lebih alami. Cara beternak puyuh petelur yang baik ini bisa dilakukan dengan memberikan pakan yang aman untuk tubuh dan kesehatannya. Berikut pakan yang bisa Anda berikan :

1. Jagung

Pakan ini mengandung karbohidrat yang bisa memberikan energi lebih pada burung puyuh. Untuk diberikan kepada hewan ternak maka Anda harus menghaluskannya terlebih dahulu.

2. Bekatul

Bekatul atau dedak juga sama mengandung karbohidrat, namun harganya lebih murah sehingga kebanyakan peternak menggunakan bahan pakan satu ini.

3. Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa memang sangat mudah Anda dapatkan dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Tapi, pemberian pakan ini tidak boleh terlalu banyak karena mengandung terlalu banyak minyak.

4. Tepung Tulang

Tepung tulang ini tidak mengandung karbohidrat, melainkan protein tinggi yang bisa menggantikan tepung ikan. Protein yang terkandung didalamnya sangat baik untuk mendi=orong burung puyuh agar cepat bertelur.

5. Tepung Ikan

Walaupun tepung ikan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik untuk puyuh. Tapi sayangnya harga yang ditawarkan dari produsen kepada peternak sangatlah mahal.

Perhitungan Harga Setiap Ekor Puyuh

harga telur burung puyuh

Harga burung puyuh ini sendiri menyesuaikan dengan usia saat Anda membeli. Jika usia burung 1 bulan, maka harga yang Anda dapatkan sekitar Rp8.500 setiap ekornya. Tapi, terdapat minimal pembelian untuk harganya yang terjangkau ini yaitu minimal pembelian 1000 ekor.

Jika Anda ingin membeli dengan harga yang lebih murah lagi, maka Anda bisa membeli burung puyuh yang usianya masih dalam hitungan hari atau minggu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga dibawah Rp5.000 setiap ekornya. Itupun jika Anda memang berniat ingin merawat lebih lama dibandingkan biasanya.

Selain untuk peternak, pemilik rumah makan atau orang rumah tangga biasa juga banyak yang suka berbelanja burung puyuh dengan usia yang sudah dewasa. Harga yang didapatkan untuk membeli puyuh dewasa ini sekitar Rp15.000 hingga Rp25.000 tergantung dengan keadaan puyuh tersebut.

Harganya yang tidak terlalu mahal membuat banyak orang yang menyukainya, baik untuk dijadikan konsumsi maupun untuk dibudidaya. Walaupun harganya murah, bukan berarti Anda akan mendapatkan keuntungan yang kecil jika ternak hewan satu ini. Justru ini akan menjadikan kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Kenapa bisa begitu? Karena, tidak semua daerah terdapat burung puyuh dengan jumlah banyak. Jadi bisa dibilang keberadaan burung puyuh ini terbatas tapi banyak peminatnya. Maka Anda bisa memanfaatkan situasi seperti ini.

Keuntungan dari Ternak Puyuh Pedaging

Beternak Puyuh

Setelah Anda tahu dan paham bagaimana cara beternak puyuh pedaging dan puyuh petelur, pastinya Anda dijamin bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apa saja keuntungan dari ternak burung puyuh pedaging?

Burung puyuh adalah hewan yang mengkonsumsi makanan yang baik seperti biji-bijian, tepung, serangga, atau hewan apapun yang berukuran kecil. Jadi, Anda tidak perlu susah mencarikan makanan untuk puyuh ketika beternak dan tidak perlu juga mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Selain itu, seperti yang sudah Anda ketahui bahwa burung puyuh ini lebih terkenal dengan telurnya yang disukai banyak orang untuk diolah menjadi makanan yang lezat. Tapi, tenang saja daging puyuhnya sendiri juga bisa diolah sehingga sangat cocok untuk disantap sendiri atau dijadikan usaha dalam bidang lain yaitu usaha kuliner.

Dengan begitu, Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari ternak saja, melainkan dari usaha kuliner yang juga tidak kalah memberikan keuntungan yang besar juga. Bagaimana? Masih ragu membuka usaha ternak burung puyuh?

Jual DOQ / Bibit Puyuh Petelur Berkualitas

doq bibit puyuh

Ayo segera order bibit puyuh petelur dari kami! Kami CV. Nitnot telah lama menjual bibit puyuh berkualitas, kami mempunyai pelanggan yang cukup banyak di berbagai daerah di Indonesia. Kami banyak di percaya para peternak di Indonesia karena kami sangat mengutamakan mutu dan kualitas.

Jika saat tiba di tempat anda bibit puyuh ada yang mati, kami siap garansi potong harga di tempat apalagi kami menggunakan sistem bayar di tempat, solusi belanja bibit puyuh murah dan aman. Untuk pemesanan silahkan menghubungi kontak yang berada di bawah layar anda.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana cara beternak puyuh dan apapun tentang ternak burung puyuh yang wajib Anda ketahui. Tidak ada salahnya memulai bisnis sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama. Apalagi jika bisnis tersebut adalah ternak yang sudah pasti menjanjikan keuntungan yang sangat besar untuk setiap pelaku usaha. Tapi dengan syarat sudah memahami bagaimana cara menjalankan usaha tersebut dan memiliki wawasan yang cukup dalam bidang peternakan dan hewannya.

Related Posts

Leave a Comment