Cara Ternak / Budidaya Ayam Arab : Panduan Lengkap

Terdapat berbagai jenis ayam ternak yang bisa Anda ketahui, salah satunya adalah Ayam Arab. Apa sih Ayam Arab itu? Ayam dari keturunan brakel kriel-silver ini disebut jenis Arab karena ayam jantan yang memiliki daya seksual yang cukup tinggi dan adanya ayam ini di Indonesia dari orang yang selepas menunaikan ibadah haji di Mekah membawa telurnya. Salah satu alasan banyak orang yang budidaya Ayam Arab ini karena produksi telurnya yang cukup tinggi.

Dikarenakan produksi telur ayam arab yang cukup besar, harga doc anak ayam arab di pasaran cenderung stabil, namun ada kondisi tertentu yang membuat harga doc ayam arab terkadang tinggi kadang rendah, untuk itu anda harus mengupdate terus harga anak ayam arab di pasaran.

Jika anda ingin membeli bibit anak ayam arab, disarankan untuk membeli anak ayam arab berkualitas bagus yang sudah teruji bertahun tahun. Untuk masalah penyediaan anak ayam arab anda dapat menghubungi kami, karena kami memiliki bibit anak ayam arab yang sudah teruji lama sehingga bibit anak ayam arab kami banyak di percaya para peternak ayam arab di seluruh Indonesia.

Harga Anak Ayam Arab di Kami

Umur Harga per Box
DOC Ayam Arab Rp. 580.000

Penting !! Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu, untuk harga pastinya anda dapat bertanya langsung kepada kami melalui tombol telepon yang berada di bawah layar ponsel anda. 1 box berisi 102 ekor doc ayam arab, 2 sebagai cadangan.

Selain kami menjual anak ayam arab, kami juga menyediakan pullet ayam arab yang berkualitas yang memiliki track record bertelur yang stabil. Selain itu telur yang di hasilkan pullet ayam arab kami juga sangat baik, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Harga Pullet Ayam Arab di Kami

Umur Harga per Ekor
10 Minggu Rp. 48.000
11 Minggu Rp. 52.800
12 Minggu Rp. 57.600
13 Minggu Rp. 62.400
14 Minggu Rp. 67.200
15 Minggu Rp. 72.000
16 Minggu Rp. 76.800

Penting !! Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu, untuk harga pastinya anda dapat bertanya langsung kepada kami melalui tombol telepon yang berada di bawah layar ponsel anda.

Istimewanya Ternak Ayam Arab

ayam arab
Ayam Arab

Diberi nama Ayam Arab karena memiliki warna bulu yang sangat cantik dan menarik, yaitu perpaduan antara warna hitam dan putih menyerupai sorban. Kualitas, tekstur, dan bentuk daging yang dimiliki hampir sama dengan ayam kampung yang lebih dikenal oleh banyak masyarakat.

Agar Anda lebih yakin untuk menjalankan ternak jenis ayam satu ini, berikut beberapa kelebihan dan keunggulan yang harus Anda ketahui.

  • Harga DOC (Day Old Chicken) berfluktuasi, jadi bisa lebih tinggi dan bisa juga lebih rendah jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Tapi Anda tidak perlu khawatir, meskipun sedang rendah ayam ini masih memiliki harga yang lumayan sehingga tidak akan membuat Anda mengalami kerugian.
  • Memiliki telur yang cukup berat sehingga sekitar 42 gram. Tentunya dengan berat segitu, ketika dijual ke pasaran peternak bisa menawarkan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan telur yang biasanya.
  • Warna cangkang telur yang bervariasi sehingga memiliki ketertarikan tersendiri. Ada yang berwarna putih kekuningan dan ada juga yang berwarna putih kecoklatan.
  • Harga indukan ayam yang terbilang mahal membuat Anda bisa mengembangkan usaha dengan waktu yang singkat. Tapi yang harus diperhatikan bagaimana Anda melakukan pemasaran dan membuat orang tertarik untuk membeli.
  • Konsumsi pakannya tergolong pada tipe kecil yang tidak membuat Anda harus memiliki modal yang sangat besar untuk menjalankan usaha ini.
  • Daya seksualitas ayam jantannya terbilang tinggi. Hal ini membuat produksi telur tidak membutuhkan banyak waktu agar bisa menghasilkan banyak telur.
  • Ketika bertelur ayam betina tidak memiliki sifat mengeram yang membuat produksi telurnya akan panjang.
  • Ayam jenis satu ini selain bagus dalam produksi telur juga bisa dijadikan sebagai perbaikan genetik pada ayam buras atau biasanya orang menyebut dengan jenis ayam kampung.

Tidak heran jika beberapa daerah di Indonesia banyak yang memutuskan untuk membuka usaha ternak ayam ini. Sebenarnya, usaha ternak ayam apapun akan membuat Anda mendapat penghasilan yang besar dan sukses jika tahu dan paham bagaimana cara budidayanya, merawatnya, memasarkannya, melakukan analisa yang tepat dan tidak salah memasang target.

Bagaimana Cara Beternak Ayam Arab?

Karena di Indonesia tidak terlalu banyak orang yang membuka usaha ternak ayam yang cantik ini, tidak sedikit orang yang tidak tahu cara ternak Ayam Arab. Agar Anda sebagai pembaca bisa tahu dan paham bagaimana cara ternak Ayam Arab, maka disini akan dijelaskan.

Barangkali setelah tahu caranya dan tahu tidak membutuhkan terlalu banyak modal Anda berminat untuk menjadikan ini sebagai peluang bisnis baru dan menghasilkan banyak pendapatan.

1. Hitunglah Masa Produktif Ayam

masa produktif ayam arab

Hal yang harus Anda mengerti pertama kali adalah berapa lama ayam ini bisa berproduksi. Ayam ternak dengan bulu hitam putih ini dapat berproduksi selama kurang lebih dua tahun dengan dilakukan sampai dua kali periode. Pada periode pertama akan bertelur 5 hingga 8 bulan produksi.

Kemudian ayam harus diistirahatkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hari dan setelahnya bisa berproduksi kembali. Produktivitas yang dimiliki oleh ayam jenis satu ini lebih tinggi sehingga mencapai 90% dibandingkan dengan ayam petelur biasanya.

2. Memberi Pakan Ayam secara Baik dan Teratur

pakan ayam

Semua ayam petelur tentunya membutuhkan makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Untuk memenuhinya Anda bisa memberikan makanan dengan kandungan protein sebanyak 16-18%. Pemberian pakannya sehari dilakukan dua kali yaitu pagi dan siang hari dengan makanan sebanyak 80-90 gram setiap ekornya.

Makanan yang berkualitas bisa dilihat melalui telur yang dihasilkan oleh ayam. Bagaimana caranya? Anda bisa melihat apakah cangkang telurnya tebal atau tidak. Jika cangkangnya sangat kuat berarti asupan makanannya terpenuhi. Begitupun sebaliknya, apabila makanan kurang terpenuhi nutrisinya maka telur yang dihasilkan cangkangnya tipis dan mudah pecah.

Kebanyakan orang yang ternak ayam lebih memilih untuk memberikan makanan alternatif produksi pabrik yang kandungan proteinnya kurang. Karena, menurut mereka dengan membelikan makanan jadi akan menghemat pengeluaran.

Tapi seharusnya yang paling diperhatikan adalah kualitas ayam dan telurnya dengan memperhatikan semua hal mulai dari yang terkecil hingga sesuatu yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan ayam tersebut.

3. Buatlah Kandang Ayam yang Sesuai

kandang ayam arab

Tidak sedikit orang yang tidak memperhatikan dalam membuat kandang dan sekedar untuk tempat tinggal ayam saja. Padahal kandang ini menjadi hal paling penting termasuk bagaimana arah kandang itu sendiri.

Buatlah kandang ayam dengan arah menghadap timur atau barat. Karena, pada arah tersebut memudahkan kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari berperan penting dalam menjaga kelembaban tempat tinggal ayam. Jika sampai kandang lembab atau basah maka jamur akan dengan mudah tumbuh dan berdampak kurang baik untuk perkembangan ayam.

Khusus untuk Ayam Arab, kandang dibuat berbentuk baterai dan sedikit miring. Kenapa begitu? Tujuannya adalah agar telur yang dihasilkan tidak kotor. Kandang baterai itu berbentuk memanjang kemudian disekat dan satu sekat diisi satu ekor ayam saja. Untuk menjaga kebersihan kandang maka yang harus dilakukan oleh peternak adalah menyemprot dengan disinfectant selama satu minggu sekali.

Kandang yang Tepat Salah Satu Cara Budidaya Ayam Arab

Membuat kandang yang tepat adalah salah satu cara beternak Ayam Arab yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena akan mempengaruhi tumbuh kembang ayam itu sendiri. Berikut jenis-jenis kandang yang harus digunakan :

1. Kandang untuk Ayam Usia 3 Minggu-1 Bulan

Kandang untuk Ayam Usia 3 Minggu - 1 Bulan

Kandang dengan bentuk boks ini harus dilengkapi dengan pemanas buatan agar kehangatan kandang tetap terjaga. Pemanas buatan itu bisa menggunakan bohlam lampu atau menggunakan briket batubara. Jika Anda membuat kandang dengan ukuran satu meter, maka kapasitas ayam yang bisa dimasukkan sekitar 70 ekor.

Pada bagian dinding kandang, usahakan untuk tertutup agar angin tidak mudah masuk dan mengurangi kehangatan. Lantai kandangnya juga bisa dibuat dari kawat, bertujuan agar kotoran langsung jatuh ke tanah tanpa mengotori kandang.

2. Kandang Postal Litter untuk Ayam Usia 3 Bulan Keatas

Kandang Postal Litter untuk Ayam Usia 3 Bulan

Kandang jenis ini adalah kandang yang alasnya menggunakan sekam, serbuk kayu dan kapur. Untuk kandang ini, bohlam lampu sudah bisa dilepas karena tidak membutuhkan banyak kehangatan.

Litter memiliki fungsi untuk menyerap kotoran termasuk cairan sisa minum dan bisa memberi kehangatan pada ayam pengganti bohlam. Pasir yang ada pada kandang berfungsi untuk mencegah adanya gas amonia. Sedangkan fungsi kapur untuk membunuh kuman dan mencegah tumbuhnya jamur pada kandang.

Agar terhindar dari kelembaban, sebaiknya Anda membalik litter dan tetap kering. Penggunaan kandang ini bisa sampai masa panen dengan kapasitas setiap meter dikurangi sesuai dengan usia ayamnya.

3. Kandang Ren (Kandang Setengah Terbuka)

Kandang Ren

Kalau kandang ren ini adalah kandang yang memang dikhususkan untuk Ayam Arab. Kandang dengan kondisi terbuka dan sedikit lebih luas agar ayam bisa dengan bebas beraktivitas seperti makan, minum dan bermain agar tidak stress. Sedangkan pada bagian kandang yang tertutup digunakan untuk bertelur dan tidur saja.

4. Kandang Baterai

Kandang Baterai

Nah, kalau tipe kandang satu ini digunakan untuk ayam yang siap bertelur. Bentuk kandang ini memanjang dan diberi sekat menjadi lebih sempit dan kecil. Kandang baterai ini memang dibuat sedikit miring agar telur yang sudah keluar tidak tercampur dengan kotoran.

Ketahui Bagaimana Cara Memelihara Ayam Arab

Ketahui Bagaimana Cara Memelihara Ayam Arab

Agar kualitas daging yang dihasilkan berkualitas, selain makanan dan bentuk kandang ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Suhu dan Kelembaban Kandang Ayam

Dalam beternak, suhu dan kelembaban untuk ayam harus ideal. Untuk suhu yang tepat adalah 27 derajat celcius, sedangkan idealnya kelembaban sekitar 60-80%. Jika suhu yang dibuat terlalu panas, maka ayam bisa stress dan dehidrasi. Begitu juga jika suhu terlalu rendah maka ayam akan merasa kedinginan.

2. Perkawinan pada Ayam

Karena Ayam Arab jantan memiliki daya seksual dan libido yang tinggi, maka ayam bisa melakukan perkawinan berulang kali pada setiap harinya. Karakter yang dimiliki oleh ayam ini hampir sama dengan ayam serama, ayam kate, ayam batik Itali dan ayam batik Kanada.

Ketika melakukan perkawinan, komposisinya 1 jantan dengan 8 betina dalam satu kandang. Pada usia ke lima bulan, ayam betina sudah bisa bertelur dan puncak produksinya pada usia ke delapan bulan.

3. Memperhatikan Pengendalian Terhadap Penyakit

Memperhatikan Pengendalian Terhadap Penyakit

Ayam Arab mudah berpotensi penyakit, seperti jenis ND (Newcastle Disease). Untuk menghindari resiko ini, peternak bisa diberikan vaksin ND. Vaksin diberikan ketika ayam berusia 4 hari, 10 hari, 21 hari, dan terakhir 30 hari.

Selain ND, juga ada jenis penyakit yang menyerang bagian hati yang namanya adalah virus marek. Cara yang paling tepat untuk menghindari segala penyakit adalah menjaga kebersihan kandang agar terhindar dari bakteri dan jamur.

Peluang Usaha Peternakan Ayam Arab

Peluang Usaha Peternakan Ayam Arab

Peluang usaha ini sangat bagus dan menggiurkan karena bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Semakin lama banyak orang yang membutuhkan daging ayam dan telur sehingga sudah bisa dipastikan bahwa usaha ini benar-benar menjanjikan. Ditambah lagi dengan masih minimnya pelaku budidaya Ayam Arab di Indonesia.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk menyusun strategi bisnis yang mendetail karena pesaing tidak terlalu banyak. Jika Anda memulainya dari sekarang, maka kalau nanti kedepannya semakin banyak Anda sudah mendapatkan banyak konsumen yang percaya pada hasil ternak Anda. Tapi dengan syarat kualitas ayam dan telurnya terjaga mulai dari baru mendirikan peternakan hingga sudah berkembang dan maju.

Analisa Usaha Beternak Ayam Arab

Analisa Usaha Beternak Ayam Arab

Peralatan dan kebutuhan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak Ayam Arab adalah :

  • Perlengkapan untuk membuat kandang ayam dari usia paling kecil hingga usia yang cukup dewasa.
  • Menyiapkan bibit Ayam Arab.
  • Rak untuk Ayam Arab.
  • Alat Ayak.
  • Menyewa lahan kandang Ayam Arab.
  • Mesin giling yang digunakan untuk menggiling pakan.
  • Terpal dan timba pasti dibutuhkan.
  • Timbangan untuk menimbang ayam dan telur.
  • Selang.
  • Wadah untuk tempat makanan dan minuman Ayam Arab.
  • Serta sedikit pertambahan alat lainnya.

Biaya Tetap Budidaya Ayam Arab Setiap Bulannya

Biaya Tetap Budidaya Ayam Arab Setiap Bulannya

Ketika sudah menjalankan usaha ini, maka Anda harus memiliki rincian sebagai biaya operasional pada setiap bulannya. Contoh rincian yang bisa Anda jadikan patokan dengan perkiraan harga adalah:

  • Penyusutan dalam pembuatan kandang (Rp3.125.500 : 62)
  • Penyusutan pengadaan bibit ayam (Rp2.112.500 : 62)
  • Penyusutan rak ayam (Rp1.812.400 : 62)
  • Penyusutan ayakan (Rp131.500 : 44)
  • Penyusutan sewa lahan kandang (Rp2.120.500 : 62)
  • Penyusutan mesin giling (Rp1.614.000 : 62)
  • Penyusutan terpal (Rp61.500 : 44)
  • Penyusutan timbangan (Rp2.52.500 : 62)
  • Penyusutan selang (Rp61.900 : 44)
  • Penyusutan wadah makanan dan minuman (Rp212.500 : 44)
  • Penyusutan tambahan (61.400 : 44)
  • Gaji karyawan yang menyesuaikan dengan karyawan yang Anda pekerjakan.

Tips Sukses Anti Rugi untuk Ternak Ayam Arab Petelur

Berikut beberapa tips yang bisa Anda pelajari untuk memulai usaha ternak Ayam Arab :

1. Anda Harus Pelajari Ilmunya

ilmu

Menjalankan usaha Ayam Arab harus menggunakan banyak keperluan dan tentunya uang yang dikeluarkan cukup banyak. Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari ilmunya dengan baik.

Mulai dari cara perkembang biakan, cara membuat ayam arab yang produksi telurnya berkualitas, hingga cara cepat mengembangkan dan mendapatkan untung yang besar. Anda bisa mencari ilmu ini melalui internet, buku atau majalah yang ada hubungannya dengan agrobisnis.

2. Mempersiapkan Modal dengan Baik

modal

Untuk memulainya Anda tidak harus memulai dengan bibit ayam dengan jumlah yang langsung banyak. Anda harus memperhitungkan berapa modal awal yang Anda miliki, karena tidak hanya ayam saja yang Anda butuhkan.

Melainkan berbagai peralatan dan pakan yang tentunya juga sangat penting dalam budidaya. Oleh karena itu, Anda harus memperhitungkan modal secara matang dan sisakan biaya untuk kebutuhan tidak terduga.

3. Pemasaran Ayam Arab yang Tepat

pemasaran

Masalah pemasaran terbilang hal yang tidak perlu untuk terlalu dipikirkan. Anda bisa menawarkan ayam dan telur Anda langsung pada konsumen biasa, pasar, supermarket atau bahkan pelaku usaha kuliner seperti restaurant. Jika Anda sudah berhasil mendapat kepercayaan dari restoran besar maka sudah bisa dijamin usaha Anda akan mudah berkembang.

Apalagi jika kualitasnya bagus maka tidak hanya satu pelaku usaha kuliner saja yang akan menjadi pelanggan setia Anda.

4. Mengelola Usaha Ternak Ayam dengan Baik dan Tidak Ceroboh

ayam arab

Sebenarnya untuk usaha apapun Anda tidak boleh ceroboh dan harus selalu mempertimbangkan setiap keputusan baik untuk perkembangan ternak maupun untuk penambahan kapasitas ayam. Jangan sampai Anda salah melakukan perhitungan sehingga Anda tidak bisa menghitung keuntungan. Selain itu, hal yang harus Anda perhatikan adalah kualitas ternak.

Itulah informasi yang dapat Anda ketahui tentang Ayam Arab salah satu jenis ayam petelur yang sangat direkomendasikan untuk dibudidaya. Walaupun masih banyak jenis ayam petelur yang bisa dibudidaya, tapi alangkah baiknya jika Anda memilih budidaya Ayam Arab agar bisa cepat mendapatkan banyak keuntungan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari ide untuk memulai usaha dengan modal yang tidak terlalu besar tapi hasil yang cukup besar.

Jual Bibit / Anak Ayam Arab

doc ayam arab

Kami CV. Nitnot menjual bibit / doc / anak ayab berkualitas yang sudah banyak dipercaya para peternak di seluruh Indonesia. Bibit doc ayam arab kami berasal dari indukan yang berkualitas, yang memiliki track record bertelur yang sangat stabil, dengan hasil telur yang dihasilkan cukup baik, sehingga anak ayam arab kami juga akan meniru indukannya.

Kami dapat mengirim anak ayam arab sampai lokasi anda, dan pembayaran dapat dilakukan pada saat anak ayam arab sudah tiba di tempat anda. Kami memiliki tim driver yang sudah berpengalaman bertahun tahun dalam mengirim anak arab ke suluruh Indonesia, jadi dapat dipastikan anak ayam arab akan aman hingga tiba di tempat anda.

Jikalau nanti ada yang mati, akan kami ganti langsung dengan uang, sehingga dapat dipastikan anda akan sangat aman dan tidak merugi bila bertransaksi dengan kami. Untuk pemesanannya anda dapat menghubungi kami melalui nomor yang sudah tersedia ataupun melalui tombol telepon yang berada di bawah layar ponsel anda.

Related Posts

Leave a Comment