Jual Bibit Ayam Arab DOC Pullet Usia Remaja

Jual Ayam Arab – Bisnis ternak ayam di Indonesia menjadi salah satu usaha yang memiliki banyak peminat. Pemenuhan kebutuhan masyarakat akan tersedianya telur dan daging ayam sangatlah tinggi, sehingga banyak yang ingin mengambil peluang tersebut dengan menjadi peternak ayam. Ayam yang diternak pun memiliki beberapa jenis misalnya ayam petelur, ayam jawa super, ataupun ayam arab yang sekarang banyak dijadikan pilihan oleh peternak ayam untuk dibudidayakan.

Selain ayam petelur dan ayam jawa super (ayam joper), ayam arab juga merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki banyak keuntungan bagi peternak sebagai ayam petelur karena mampu memproduksi telur dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya meskipun ayam arab merupakan hewan ternak, tetapi bisa juga dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Doc ayam arab
slv sussex pullet
_1_
Doc ayam arab

Mengapa Memilih sentrabibitunggas.com ?

KIRIM KE SELURUH INDONeSIA

Berpengalaman mengirimkan bibit unggas dan berbagai produk unggas ke seluruh indonesia, bahkan sampai daerah pelosok.

DIANTAR SAMPAI KANDANG

Kami memiliki armada sendiri, siap mengirimkan bibit unggas sampai kandang khusus untuk wilayah Jawa.

PEMBAYARAN KETIKA BARANG DATANG

Selain pengiriman sampai kandang, untuk pelanggan di wilayah jawa juga bisa melakukan pembayaran ketika bibit sudah sampai.

BERGARANSI

Tak perlu ragu soal keselamatan bibit unggas pesanan anda, kami siap memberikan garansi jika ada kematian bibit unggas pesanan anda.

PERUSAHAAN BERLEGALITAS

Izin perusahaan kami berupa CV dengan nama CV Nitnot, Tak perlu ragu bertransaksi dengan perusahaan kami, karena perusahaan kami legal. Selain it, kami juga menggunakan rekening giro atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

Ayam Arab

Menurut asal – usulnya, Ayam Arab merupakan jenis ayam yang berasal dari keturunan ayam brakel kriel – silver dari Negara Belgia di Benua Eropa. Disebut sebagai Ayam Arab dikarenakan dua hal yaitu pejantannya mempunyai daya seksual tinggi serta keberadaannya bisa sampai di Indonesia karena telurnya dibawa oleh seseorang yang menunaikan ibadah haji, sehingga karena terbawa dari Mekkah akhirnya disebut sebagai Ayam Arab.

Ciri – ciri ayam arab yang mudah dikenali adalah dari bulunya. Memiliki bulu berwarna putih mengkilap pada sepanjang leher, bulu putih berbintik hitam di punggung, warna bulu sayapnya hitam dengan garis putih serta pada bulu ekor lebih dominan hitam campur putih sedangkan pada jenggernya berwarna merah muda dengan berbentuk kecil dan juga mata hitam dilingkari warna kuning.

Ciri – Ciri Ayam Arab

Selain mudah dikenali melalui bulunya, Ayam Arab mempunyai beberapa ciri – ciri lain diantaranya :

Pada ayam arab pejantan, di umur 1 minggu sudah bertumbuh jengger yang berbentuk tunggal dan bergerigi serta memiliki daya seksualitas yang tinggi karena ayam arab jantan bisa kawin sebanyak 3 kali dalam waktu 15 menit. Dari penampilan fisik, ayam arab mempunyai tinggi sekitar 35 cm dengan bobot mencapai 1,5 – 2 kg. Selain itu kokok suara pejantan ayam arab berbunyi nyaring.

Pada ayam betina memiliki bobot 1 – 1,5 kg dengan tinggi sekitar 25 – 30 cm dengan jengger tipis dan bergerigi pada bagian kepala. Selama usia produktif diantara umur 6 bulan – 1,5 tahun, ayam betina arab bisa terus menerus memproduksi telur dan hampir setiap hari menghasilkan. Namun betina ayam arab ini mempunyai sifat mengeram yang kurang baik sehingga untuk proses menetaskan telur harus menggunakan sebuah mesin penetas khusus. Selain itu, ayam arab betina mampu beradaptasi secara baik dengan lingkungannya dan termasuk jenis ayam yang memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan penyakit.

Keunggulan Ayam Arab

Secara faktok genetic, ayam arab tergolong dalam galur ayam buras yang unggul dalam produksi telur, juga memiliki sifat yang lebih gesit, lincah dan terkesan liar dibandingkan ayam buras atau ayam ras petelur, meski begitu pemeliharaan ayam arab relative tidak terlalu rumit.

Ayam Arab dimanfaatkan sebagai penghasil telur karena mempunyai kemampuan memproduksi telur dengan tinggi, mencapai 250 – 260 butir telur per tahun dengan berat telur sekitar 40 – 45 gram. Apalagi hen day puncak produksi telur dengan pemeliharaan yang intensif dapat mencapai 80%. Ayam arab tidak dijadikan sebagai penghasil daging karena memiliki daging yang tipis dibandingkan dengan ayam buras biasa dan warna kulit yang kehitaman sehingga dagingnya kurang disukai oleh masyarakat.

Telur Ayam Arab

Karena berasal dari Ayam Petelur unggul yang memiliki produksi tinggi, kualitas telur dari ayam arab sangat baik. Dari tampilan fisik telur ayam arab hampir sama dengan telur ayam buras. Ciri-ciri telur ayam arab adalah cangkang telur yang tebal dengan ukuran kuning telur yang lebih besar, dari segi rasa tidak amis dan gurih. Banyak manfaat yang terdapat dalam telur ayam arab.

Beberapa kandungan gizi, vitamin dan mineral pada telur ayam arab seperti vitamin A, vitamin E, vitamin D, vitamin K, zat besi, asam folat, potassium dan selenium.

Cara Beternak Ayam Arab

Bagi anda yang ingin menggeluti bisnis ternak ayam arab dan ingin mendapatkan produktivitas telur ayam arab yang maksimal maka diperlukan perawatan yang optimal pula, seperti : penyediaan kandang ayam yang sesuai, pemberian pakan yang teratur dan bergizi serta pengendalian penyakit. Perlu diperhatikan juga pengelolaan  produksi dan manajemen usaha agar bisnis menjadi sukses.

  1. Penyiapan Kandang

Pembuatan kandang bisa disesuaikan dengan tujuan budidaya, populasi dan umur dari ayam arab itu sendiri. Sehingga ada beberapa macam kandang antara lain : Box Indukan,  Kandang Baterai untuk produksi telur ataupun Liter atau Postal untuk pembesaran. Anda bisa menyesuaikan jenis kandang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pemberian Pakan

Ayam arab adalah jenis ayam yang dimanfaatkan telurnya sehingga peternak harus memperhatikan gizi dan mutu saat pemberian pakan agar telur yang dihasilkan berkualitas tinggi. Namun harus diperhatikan juga jumlah pemberian pakan yang tepat agar perhitungannya tidak merugi, sehingga peternak harus bisa menekan pengeluaran untuk biaya pakan agar serendah mungkin tanpa mengurangi nilai zat gizi dan mutu pakan untuk ayam arab.

  1. Pengendalian Penyakit

Secara genetic, ayam arab memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap serangan penyakit jika dibandingkan dengan ayam ras dan ayam buras lainnya, tetapi bukan berarti ayam ini kebal terhadap penyakit. Maka dari itu,pengendalian penyakit yang perlu dilakukan antara lain : Kebersihan kandang dengan desinfektan, serta vaksinasi yang teratur.

  1. Pengelolaan Reproduksi

Proses pengelolaan reproduksi ini penting dan berkaitan dengan masalah produksi terutama produksi telur, baik digunakan untuk tujuan telur konsumsi ataupun telur tetas. Jika telur untuk tujuan ditetaskan, maka  perlu diperhatikan komposisi perbandingan ayam jantan dan betina minimal 1 : 8.

Ayam arab sudah mulai bertelur pada umur 5 bulan dan puncak produksinya pada saat umur 8 bulan dengan rata – rata bisa mencapai 80-90%.

Jika menginginkan 80% DOC (Day Old Chicken) betina yang dihasilkan, maka sebaiknya ayam arab betina dikawinkan pukul 17.00 WIB. Dan jika mengharapkan 50% DOC jantan dan 50% DOC betina, maka pukul 11.00 – 13.00 WIB perkawinan harus dilakukan.

Harga Bibit (DOC) dan Pullet Ayam Arab

DOC (Day Old Chicken) adalah ayam yang berusia 0 hari atau baru menetas dan biasanya dijadikan sebagai bibit untuk beternak ayam arab. Sedangkan Pullet adalah ayam yang sudah berusia remaja dan siap bertelur. Untuk harga ayam arab dipasaran termasuk relative cukup terjangkau.

Harga bibit (DOC) dan Pullet ayam arab untuk wilayah Pulau Jawa dan Luar Jawa berbeda, jika anda membutuhkan DOC ayam arab maupun pullet ayam arab yang unggul dan berkualitas, Anda bisa menghubungi CV. Nitnot di nomor telp : 0852 – 0444 – 2224

Supplier Ayam Arab

Semua kebutuhan di bidang peternakan yang sedang Anda butuhkan bisa disediakan oleh CV. Nitnot. Kami adalah sebuah perusahaan dagang yang focus di bidang peternakan dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan ternak, seperti bibit ternak, pullet ayam, peralatan kandang, hasil panen dan daging atau olahan ternak.

Jika anda membutuhkan supply kebutuhan untuk bisnis ternak yang sedang anda kelola silahkan menghubungi kami di nomor :

0852 – 0444 – 2224

Atau mengunjungi kantor CV. Nitnot di alamat :

  1. Muhammad Hatta No. 02 Kota Blitar
  2. Merak E21, Kec. Gampengrejo, Kab Kediri

Sebagai penyedia kebutuhan beternak, kami memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

  1. Pengiriman seluruh Indonesia.
  2. Pembayaran bisa Cash On Delivery (COD) saat barang sampai kandang.
  3. Siap supply barang secara rutin dan kontinyu
  4. Memiliki kerjasama dengan beberapa penetas besar di Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk memenuhi stok kebutuhan.
  5. Pengiriman Luar Jawa menggunakan cargo pesawat (kecuali pullen ayam), dengan surat – surat administrasi yang sudah kami urus.

Cek produk kami lainnya di :

www.sentrabibitunggas.com