Jual Bibit Bebek Pedaging & Petelur

Jual Bibit Bebek Petelur dan Pedaging – Dalam dunia usaha ternak unggas yang sedang memiliki banyak peminat, ternak bebek menjadi salah satu yang banyak diminati dan dilirik oleh para pebisnis. Ketika ternak bebek, ada banyak sumber daya yang menjadi peluang bisnis dari bebek seperti daging, telur dan bahkan kotorannya bisa dijadikan sebagai pupuk organic.
Kuliner daging bebek dan telur asin dari telur bebek saat ini sudah memiliki banyak penggemar yang terus bertambah. Daging bebek memang mempunyai cita rasa yang lezat dan dalam telur bebek terdapat banyak kandungan gizi serta rasa yang enak. Semakin banyaknya kebutuhan daging dan telur bebek menjadikan peluang usaha ternak bebek pedaging atau bebek petelur sebuah potensi bisnis yang menjanjikan.

dod-bebek-mojosari-hewan-lainnya-14366537
Jual DOC Kampung Super

Mengapa Memilih sentrabibitunggas.com ?

KIRIM KE SELURUH INDONeSIA

Berpengalaman mengirimkan bibit unggas dan berbagai produk unggas ke seluruh indonesia, bahkan sampai daerah pelosok.

DIANTAR SAMPAI KANDANG

Kami memiliki armada sendiri, siap mengirimkan bibit unggas sampai kandang khusus untuk wilayah Jawa.

PEMBAYARAN KETIKA BARANG DATANG

Selain pengiriman sampai kandang, untuk pelanggan di wilayah jawa juga bisa melakukan pembayaran ketika bibit sudah sampai.

BERGARANSI

Tak perlu ragu soal keselamatan bibit unggas pesanan anda, kami siap memberikan garansi jika ada kematian bibit unggas pesanan anda.

PERUSAHAAN BERLEGALITAS

Izin perusahaan kami berupa CV dengan nama CV Nitnot, Tak perlu ragu bertransaksi dengan perusahaan kami, karena perusahaan kami legal. Selain it, kami juga menggunakan rekening giro atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

Memilih Beternak Bebek Petelur atau Pedaging?

Bagi para pemula dalam bisnis ternak unggas yang baru mau terjun dalam pemeliharaan bebek tentunya masih kebingungan untuk memilih jenis bebek yang nantinya akan dipelihara. Nah, kira – kira jenis bebek mana yang menguntungkan, bebek petelur atau pedaging ya? Lebih mudah mana pemeliharaan antara bebek pedaging dan bebek petelur? Berapa dana yang dibutuhkan ketika beternak bebek pedaging atau bebek petelur? Dimana menemukan supplier terpercaya yang bisa mensupply kebutuhan beternak bebek? Dan masih banyak lagi pertanyaan sejenisnya yang membutuhkan data akurat untuk menjawabnya.

Perbandingan Pemeliharaan Antara Bebek Petelur dan Pedaging

Pada masa pembibitan dan tahap awal penjinakan, antara bebek petelur dan bebek pedaging masih memiliki bentuk, warna bulu dan berat badan yang sama. Setelah melalui beberapa proses seleksi maka akan terbentuk 2 kategori bebek yaitu bebek pedaging dan petelur.

Pembagian kategori bebek biasanya dilakukan dengan cara, bebek betina dijadikan sebagai bebek petelur karena mampu menghasilkan telur, sedangkan bebek pejantan dimasukkan sebagai golongan bebek pedaging karena tidak mempunyai kemampuan bertelur.

Setelah dilakukan proses seleksi, maka untuk tahap berikutnya pemeliharaan masih sama saja antara bebek petelur dan pedaging. Setelah umur 3 minggu, untuk bebek pedaging mulai diberikan konsentrat hingga pada umur 45 – 60 hari saat masa panen. Sedangkan pada bebek pedaging yang dijadikan sebagai petelur mulai umur 5 bulan perlu dilakukan adanya perubahaan komposisi pakan karena menjelang masa bertelur serta membutuhkan komposisi pakan ideal bagi bebek petelur.

Jenis Bebek Petelur dan Pedaging

Untuk jenis bebek petelur yang potensial yang bisa dipelihara adalah bebek mojosari, bebek alabio, hibrida petelur, bebek bali, bebek tegal, bebek magelang dan bebek cirebon. Sedangkan untuk bebek pedaging adalah jenis bebek lokal jantan, hibrida pedaging dan bebek peking. Ada juga jenis bebek yang dapat dijadikan sebagai bebek petelur dan pedaging yaitu jenis bebek ratu rata (hasil persilangan antara bebek mojosari dan bebek alabio). Saat ini, bebek ratu raja memiliki banyak peminat sehingga permintaan kebutuhannya mengalami kenaikan.

Setelah mengetahui berbagai perbedaan jenis dan dalam pemeliharaan, perlu juga mengetahui terkait estimasi modal dan beberapa pertimbangan yang diperlukan untuk menentukan jenis bebek yang ingin dipelihara sebagai ternakan keluarga.

Modal Beternak Bebek

Modal yang diperlukan dalam beternak bebek berbeda tergantung kategori bebek yang dipilih. Untuk pemeliharaan bebek petelur membutuhkan modal yang lebih banyak jika dibandingkan bebek pedaging. Untuk modal awal ternak bebek petelur sendiri ada 2 jenis yaitu DOD (Day Old Duck) atau bibit bebek petelur dan juga bebek siap telur.

Jika memilih memelihara bebek siap telur, maka biaya yang dibutuhkan lebih besar. Bebek petelur mulai bisa memproduksi telur di umur 5 – 6 bulan, sedangkan untuk bebek pedaging pada umumnya memerlukan waktu 5 – 6 minggu untuk mulai masa panen, tergantung dari jenis bebek.

Kebutuhan DOD (Day Old Duck) atau bibit bebek dan bebek siap telur jenis petelur dan pedaging bisa anda dapatkan dengan menghubungi nomor : 0852 – 0444 – 2224

Manajemen Pemeliharaan Bebek

Untuk manajemen pemeliharaan bebek, diperlukan kerja keras dan keuletan agar bebek bisa memberikan hasil yang maksimal. Pemeliharaan bebek petelur bisa mencapai hingga 2 – 3 tahun. Dengan masa awal produksi telur pada umur 5 – 6 bulan. Kebutuhan gizi dan protein untuk masa starter (masa bibit) sekitar 20 – 22%, masa grower membutuhkan sekitar 15 – 16%, dan pada saat periode layer memerlukan sekitar 19 – 20%. Pemberian pakan pada bebek petelur dibatasi ketika umur 4 – 16 minggu.

Sedangkan pemeliharaan bebek pedaging hanya membutuhkan waktu 5 – 6 minggu, dengan kebutuhan protein pada masa starter 20 – 22% dan saat masa grower sekitar 16 – 18%. Pemberian pakan pada bebek pedaging bisa dilakukan secara bebas tetapi dalam porsi yang sedikit demi sedikit. Pemberian pakan dalam jumlah yang banyak akan beresiko tidak bisa langsung habis dan membuat pakan banyak terbuang.

Pemasaran Bebek Petelur dan Bebek Pedaging

Saat ini tingkat konsumsi masyarakat pada daging dan telur bebek terus mengalami peningkatan karena banyak yang menggemari cita rasa dari kuliner olahan bebek. Pemasaran telur bebek konsumsi lebih mudah karena banyak pembeli yang siap menampung dalam jumlah besar.

Sedangkan saat ini untuk harga bebek pedaging cukup stabil dan bahkan pada hari – hari tertentu mengalami kenaikan. Daging bebek banyak dicari oleh pemilik usaha kuliner. Dalam memasarkan daging maupun telur bebek bisa menggunakan strategi penjualan offline dengan melalui penjualan langsung pada pembeli maupun online dengan menggunakan SEO atau media sosial. Selain itu biasanya di setiap wilayah ada penampung hasil panen yang selanjutnya akan dijual lagi ke luar wilayah.

Resiko Kerugian Beternak Bebek

Setiap bisnis pasti memiliki potensi resiko kerugian masing – masing, begitupun dalam beternak bebek. Antara bebek petelur dan pedaging memiliki berbedaan resiko kerugian. Bebek pedaging mempunyai resiko kerugian yang lebih rendah dibandingkan pemeliharaannya dikarenakan usia panen yang lebih cepat dan cukup singkat serta modal yang dikeluarkan lebih sedikit karena DOD atau bibit bebek pedaging lebih terjangkau harganya. Jika selama jangka waktu maksimal 8 minggu, menunjukkan kerugian pada analisa usaha maka anda bisa mengambil keputusan untuk menutup usaha ternak bebek pedaging. Sehingga kerugian yang didapat hanya pada waktu 8 minggu tersebut.

Berbeda halnya ketika memelihara bebek petelur, maka resiko kerugian yang diperoleh lebih besar daripada bebek pedaging. Modal yang dikeluarkan untuk beternak bebek petelur lebih banyak, apalagi jika anda membeli bebek siap telur untuk modal awal. Jika ada kerugian ketika membeli bebek siap telur maka kerugiannya cukup besar sesuai dengan harga beli bebek siap telur yang tinggi. Sedangkan jika pada masa starter membeli bibit (DOD) atau bebek yang masih anakan dan setelah dilakukan analisis usaha mengalami kerugian saat bebek sudah memproduksi telur, maka kerugiannya cukup banyak karena telah memelihara dalam jangka waktu yang lama (sekitar lebih dari 7 bulan)

Agar peternak bisa mengurangi resiko dan mengatasi kerugian, maka anda bisa melakukan penggabungan pemeliharaan bebek pedaging dan petelur dalam jangka waktu yang bersamaan. Dengan menganalisis produktivitas bebek petelur yang mulai aktif memproduksi telur setelah sekitar umur 6 bulan, maka anda akan terus menerus mengeluarkan modal untuk biaya pakan dan pemeliharaan lainnya. Nah, jika anda memelihara bebek pedaging maka untuk biaya pengeluaran pakan bisa ditunjang dari hasil panenan bebek pedaging. Sehingga keuntungan yang didapat dari bebek pedaging bisa untuk menutup biaya pemeliharaan bebek petelur.

Jual Bibit Bebek Petelur dan Pedaging

Kami dari www.sentrabibitunggas.com menyediakan DOD (Day Old Duck), bebek usia remaja dan daging bebek dengan kualitas terbaik. Kami berada dibawah perusahaan dagang di bidang peternakan atas nama CV. Nitnot yang menyediakan berbagai macam kebutuhan supply untuk bisnis ternak anda mulai dari peralatan kandang, bibit unggas, hasil panen, daging unggas ataupun olahan ternak.
Kami melayani pemesanan dan siap mengirimkan ke seluruh Indonesia. Dapatkan harga penawaran terbaik dengan menghubungi nomor pemesanan : 0852 – 0444 – 2224