Jual Bibit Entok

Jual Bibit Entok – Selain bisnis ternak ayam dan bebek, usaha beternak entok bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Meski tidak sepopuler bisnis ternak ayam dan bebek karena segi pemasaran entok yang sedikit lebih sulit daripada unggas jenis lain namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ketika menemukan pasar yang potensial, menjadikan beternak entok justru lebih menguntungkan daripada bisnis ternak unggas lain.

Entok merupakan hewan unggas yang masih termasuk dalam keluarga itik atau bebek yang banyak dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya. Di beberapa daerah, entok disebut juga dengan nama mentok, basur, itik manila atau bebek manila. Istilah mentok sendiri berasal dari Bahasa Jawa sedangkan dalam Bahasa Inggris memiliki nama Barbary Duck atau Muscovy Duck.

dod-bebek-mojosari-hewan-lainnya-14366537
entok_1516601538_f6035a60
bawah 1

Mengapa Memilih sentrabibitunggas.com ?

KIRIM KE SELURUH INDONeSIA

Berpengalaman mengirimkan bibit unggas dan berbagai produk unggas ke seluruh indonesia, bahkan sampai daerah pelosok.

DIANTAR SAMPAI KANDANG

Kami memiliki armada sendiri, siap mengirimkan bibit unggas sampai kandang khusus untuk wilayah Jawa.

PEMBAYARAN KETIKA BARANG DATANG

Selain pengiriman sampai kandang, untuk pelanggan di wilayah jawa juga bisa melakukan pembayaran ketika bibit sudah sampai.

BERGARANSI

Tak perlu ragu soal keselamatan bibit unggas pesanan anda, kami siap memberikan garansi jika ada kematian bibit unggas pesanan anda.

PERUSAHAAN BERLEGALITAS

Izin perusahaan kami berupa CV dengan nama CV Nitnot, Tak perlu ragu bertransaksi dengan perusahaan kami, karena perusahaan kami legal. Selain it, kami juga menggunakan rekening giro atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

Keunggulan Entok

Beternak entok memiliki keunggulan tersendiri sehingga bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang menguntungkan. Diantara keunggulan beternak entok adalah sebagai berikut :

1.       Bulu entok bisa dijual dan digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan shuttlecock bulutangkis.

2.       Entok lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan dengan ayam potong dan bahkan ayam kampung.

3.       Peluang pasar untuk supply permintaan daging entok masih sangat luas.

4.       Belum memiliki banyak pesaing.

Berikut beberapa cara untuk memulai beternak entok.

Persiapan Kandang Entok

Seperti beternak unggas lainnya, persiapan kandang untuk entok merupakan hal yang penting. Karena entok akan menghabiskan seluruh aktivitasnya di dalam kandang maka kandang entok harus dibuat sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa kriteria membuat kandang yang ideal untuk ternak entok, yaitu :  

1.       Pilih lokasi kandang yang berjauhan dengan rumah, setidaknya berjarak 10 – 20 meter dari rumah untuk menghindari bau tidak sedap agar tidak menyebar di rumah dan lingkungan sekitar perumahan.

2.       Sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah entok yang akan diternak. Semakin banyaknya entok yang dipelihara maka pasti membutuhkan kandang yang semakin luas. Untuk kandang ukuran 4m x 12m biasanya mampu menampung sekitar 400 ekor entok.

3.       Kandang harus mempunyai dinding yang tinggi supaya entok tidak bisa kabur atau keluar masuk dari kandang.

4.       Jika ukuran luas kandang 10 m2 maka dibuatkan 5 m untuk naungan entok dan lokasi pemberian pakan, sedangkan yang 5 m lagi dibuat untuk pemisah dan kubangan air sebagai tempat entok berjemur dan bermain.

5.       Dinding kandang atau pagar kandang bisa menggunakan bambu, untuk atap kandang bisa menggunakan asbes.

6.       Berikan tempat makan dan minum di dalam kandang entok.

7.       Buatkan drainase atau saluran air supaya air tidak tersumbat dan dapat mengalir dengan lancar serta tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. 

Pemilihan Jenis Kandang Entok

Jenis kandang yang digunakan untuk beternak entok biasanya dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk kandang tempat menampung anakan entok sebaiknya menggunakan kandang baterai agar menjaga suhu entok tetap hangat. Dalam Bahasa Jawa, entok yang baru menetas atau anak entok disebut dengan meri. Setelah meri berumur 3 hari dapat dipisahkan dari induknya dan diletakkan dalam kandang baterai. Sedangkan indukan entok ditempatkan dalam kandang umbaran.

Persiapan Bibit Entok

Setelah kandang untuk beternak entok telah siap, maka selanjutnya adalah persiapan untuk memilih bibit entok yang akan diternak dan dijadikan indukan penghasil telur dan daging. Resiko kegagalan memang akan sangat rentan terjadi jika beternak sejak anakan seperti misalnya banyaknya anakan entok yang mati dst. Namun, hasil keuntungan dari ternak sejak anakan akan lebih besar saat panen daripada memelihara lewat indukan yang harganya lebih mahal dan juga resiko indukan tidak memproduksi telur juga besar. Ada beberapa cara memilih bibit atau anakan entok unggulan sebagai berikut :

1.       Bibit entok lincah, sehat dan aktif bergerak.

2.       Tidak terdapat cacat pada bibit entok.

3.       Umur ideal untuk anakan adalah 6 – 7 bulan setelah menetas, atau minimal mempunyai bobot 100 – 200 gram.

4.       Bibit entok dan anakan diperoleh dari supplier atau petani entok yang terpercaya.

5.       Pengangkutan bibit entok dari lokasi ke kandang haruslah diperhatikan agar jangan sampai membuat bibit entok stress. Dan setelah sampai, segera lepaskan anakan ke dalam kandang serta beri pakan khusus anakan.

Persiapan Pakan Entok

Dalam masa pemeliharaan entok, pemberian pakan merupakan hal sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan entok agar memberikan hasil yang optimal serta berkualitas. Kebutuhan pakan entok berbeda tergantung dari umurnya, berikut yang hal yang harus diperhatikan saat pemberian pakan entok :

1.       Pakan Anakan Entok Umur 1 – 14 Hari

Pada fase ini anakan entok membutuhkan nutrisi dalam bentuk protein, fosfor, vitamin, kalsium dan energi. Porsi pakan yang diberikan juga harus sesuai dengan anakan entok yang masih sangat kecil. Jenis pakan yang cocok diberikan pada anakan entok umur 1 – 14 hari adalah konsentrat starlet atau pellet. Pakan ini merupakan makanan terbaik untuk entok pada fase ini untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

2.       Pakan Anakan Entok Umur 15 – 35 Hari

Pada saat entok berumur 15 – 35 hari maka kebutuhan pakan akan ikut meningkat karena anakan entok lebih banyak membutuhkan energi untuk terus meningkatkan bobot tubuh. Pemberian pakan yang paling tepat adalah konsentrat yang sudah dicampur dengan bekatul (dedak halus), biji jagung, ampas tahu atau umbi – umbian seperti ubi mantang dan ketela.

3.       Pakan Anakan Entok Umur 36 – 60 Hari

Anakan entok yang telah mencapai umur ini akan semakin besar ukuran tubuhnya dan tentunya kebutuhan pakan lebih pada terpenuhinya mineral dan vitamin untuk menjaga kesehatan entok. Oleh sebab itu, biasanya pada anakan entok umur 36 – 60 hari maka peternak akan memberikan pakan kombinasi yang dicampur dengan bekatul, nasi aking, ikan runcah, ampas tahu, menir, eceng gondok atau keong.

Pemberian Vaksinasi Entok

Untuk menjaga agar entok dapat tumbuh dengan sehat dan mendapatkan perkembangan yang signifikan maka vaksinasi bisa lakukan sebagai tindakan pencegahan penyakit dan agar kesehatan entok lebih terjaga. Vaksinasi bisa dilakukan sendiri oleh peternak yang sudah mengerti dan paham cara pemberian vaksin maupun dengan bantuan tenaga ahli. Pemberian vaksinasi yang tepat dan tidak sembarangan harus diperhatikan agar tidak salah saat memberikan vaksin pada entok. Salah satu jenis vaksin yang bisa diberikan pada entok adalah vaksin vitachicks yaitu vaksin untuk pencegahan pada penyakit flu dan pilek akibat serangan virus.

Pengendalian Penyakit

Meskipun entok merupakan unggas yang cukup kebal serta tahan terhadap serangan penyakit namun pengendalian penyakit tetap perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan kegagalan bagi peternak. Pengendalian penyakit yang bisa dilakukan yaitu sanitasi kandang yang bersih, kebersihan tempat makan dan minum dan pemberian vitamin.

Persiapan Entok Bertelur

Masa panen adalah saat yang paling ditunggu oleh peternak. Ada poin penting yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses agar entok bertelur yaitu pemberian pakan yang tepat. Karena entok memerlukan banyak protein untuk memproduksi telur yang banyak dan berkualitas. Pemberian pakan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti bekicot atau keong – keongan akan membantu entok untuk lebih baik dalam memproduksi telur. Keong bisa didapatkan dengan mudah di area persawahan.

Selain dari faktor makanan, lingkungan juga memiliki peran penting karena lingkungan yang tepat dapat memicu entok bertelur. Dan sebaiknya buat lingkungan yang nyaman serta tidak membuat entok merasa stress, bisa dengan membuatkan kolam dalam kandang agar entok bisa bermain – main di kolam karena entok merupakan unggas yang sangat menyukai berada di darat serta air.

Jual Bibit Entok Unggulan

CV. Nitnot merupakan perusahaan yang siap menyediakan kebutuhan ternak entok untuk bisnis anda mulai dari bibit entok, entok umur 1 bulan hingga 4 bulan serta daging entok.

 

Kami merupakan sebuah perusahaan dagang yang telah berpengalaman di bidang peternakan serta memiliki 2 kantor di Kota Blitar dan Kabupaten Kediri. Silahkan kunjungi website kami di www.sentrabibitunggas.com . Anda juga bisa menghubungi kami di nomor : 0852 – 0444 – 2224