Jual Bibit Puyuh

Jual Bibit Puyuh – Bisnis ternak puyuh memiliki potensi yang besar dan sudah terbukti menguntungkan karena pemeliharaan dan pengelolaan yang relative mudah dan dengan modal yang dibutuhkan tidak besar. Selain itu, kebutuhan supply telur puyuh dan daging puyuh di masyarakat untuk konsumsi semakin tinggi. Dengan potensi yang dimiliki puyuh menjadikan peluang bisnis besar seperti ini akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Burung puyuh memiliki bentuk tubuh yang mungil. Meskipun termasuk sejenis burung, namun puyuh tidak dapat terbang seperti burung lain. Biasanya puyuh hidup di sawah – sawah atau semak belukar. Masyarakat Jawa sering menyebut burung puyuh sebagai burung gemak.

Populasi burung puyuh semakin berkurang karena termasuk burung yang banyak diburu dan dimasak dagingnya. Daging puyuh memiliki rasa yang sangat lezat serta manis sehingga banyak orang menyukainya. Namun, karena terus menerus diburu maka semakin langka keberadaan burung puyuh. Maka dari itu, salah satu cara mempertahankan burung puyuh adalah dengan beternak puyuh.

Tips-Jitu-Memilih-Bibit-Burung-Puyuh-yang-Berkualitas

Mengapa Memilih sentrabibitunggas.com ?

KIRIM KE SELURUH INDONeSIA

Berpengalaman mengirimkan bibit unggas dan berbagai produk unggas ke seluruh indonesia, bahkan sampai daerah pelosok.

DIANTAR SAMPAI KANDANG

Kami memiliki armada sendiri, siap mengirimkan bibit unggas sampai kandang khusus untuk wilayah Jawa.

PEMBAYARAN KETIKA BARANG DATANG

Selain pengiriman sampai kandang, untuk pelanggan di wilayah jawa juga bisa melakukan pembayaran ketika bibit sudah sampai.

BERGARANSI

Tak perlu ragu soal keselamatan bibit unggas pesanan anda, kami siap memberikan garansi jika ada kematian bibit unggas pesanan anda.

PERUSAHAAN BERLEGALITAS

Izin perusahaan kami berupa CV dengan nama CV Nitnot, Tak perlu ragu bertransaksi dengan perusahaan kami, karena perusahaan kami legal. Selain it, kami juga menggunakan rekening giro atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

Keuntungan Beternak Puyuh

Burung puyuh banyak dicari masyarakat untuk dikonsumsi daging dan telurnya. Telur puyuh yang berukuran kecil biasanya dimasak atau direbus  dan banyak disukai terutama anak – anak. Kandungan nutrisi pada telur puyuh juga sangat tinggi. Pada umumnya, ternak puyuh bisa dilakukan dirumah. Burung puyuh mempunyai tipikal atau karakter yang sama seperti burung lainnya. Berikut beberapa keuntungan beternak puyuh :

  1. Peluang sukses dari bisnis puyuh sangat besar. Angka permintaan pasar telur puyuh semakin meningkat, sedangkan ketersediaan stok telur puyuh masih sangat kurang. Data tercatat untuk permintaan telur puyuh wilayah Jabodetabek mencapai 14 juta per minggu sedangkan pasokan telur yang tersedia hanya 3,5 juta saja. Hal ini menjadi kesempatan untuk mendapatkan pasar yang potensial sangat terbuka lebar.
  2. Harga jual telur puyuh cenderung akan terus mengalami peningkatan.
  3. Burung puyuh yang sudah tidak produktif menghasilkan telur bisa dijual dagingnya. Sehingga peluang keuntungan semakin banyak.
  4. Kotoran burung puyuh bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kandang.
  5. Bulu burung puyuh juga bisa bernilai ekonomis dengan dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan seperti kemoceng dan lainnya.
  6. Ternak burung puyuh tidak membutuhkan banyak lahan dan pekarangan yang luas sehingga bisa dilakukan di halaman belakang rumah atau di gudang. Sebagai perbandingan, jika ternak 1000 ekor ayam maka untuk tempat membutuhkan lahan luas sekitar 100 m2 sedangkan untuk ternak puyuh 1000 ekor, hanya cukup menyiapkan lahan dengan luas sekitar 12 m2
  7. Memiliki pasar yang potensial dan belum adanya monopoli pasar perdagangan burung puyuh.

Dengan banyak keuntungan bisnis burung puyuh, menjadikan ternak puyuh sebagai salah satu usaha yang diminati. Bagi anda yang tertarik untuk memulai beternak puyuh dan membutuhkan bibit burung puyuh bisa menghubungi CV. Nitnot di nomor : 0852 – 0444 – 2224

Tahap – Tahap Beternak Puyuh

1.      Pemilihan Lokasi Ternak

Sebelum membuat kandang untuk memulai ternak burung puyuh, sebaiknya dipastikan terlebih dahulu bahwa lingkungan untuk beternak cukup ideal, misalnya jauh dari jalan raya, bengkel, pasar atau sumber suara bising lainnya. Karena hal tersebut bisa membuat burung puyuh stress dan akan sulit untuk memproduksi telur dan berkembang biak. Maka dari itu perlu diperhatikan pemilihan lokasi sebagai kandang burung puyuh.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi untuk beternak puyuh :

  1. Letaknya mudah dijangkau. Jika memungkinkan pilih lokasi strategis agar memudahkan dalam proses penjualan dan transportasi.
  2. Lokasi yang jauh dari sumber kebisingan.
  3. Pilih lokasi yang terbebas dari wabah penyakit.
  4. Hindari lokasi rawan banjir, atau bisa menggunakan kandang panggung yang mempunyai tiang pondasi tinggi dan kokoh.

2.      Persiapan Kandang Ternak Puyuh

Setelah menemukan lokasi yang cocok dan tepat untuk beternak puyuh, saatnya mempersiapkan kandang burung puyuh. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang :

  1. Memiliki sirkulasi udara yang baik dan memungkinkan agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam kandang.
  2. Mempunyai temperature suhu berkisar antara 20 – 25°C dengan tingkat kelembaban sekitar 30 – 80%.
  3. Menjaga suhu puyuh tetap hangat dengan memberikan penerangan memakai lampu 25 – 40 watt pada siang hari dan menggunakan lampu 40 – 60 watt pada malam hari.
  4. Memiliki model kandang yang ideal. Terdapat 2 jenis kandang puyuh yaitu sistem litter (lantai sekam) dan sistem sangkar (baterai)
  5. Mempunyai ukuran kandang 1 m2 untuk anak puyuh sejumlah 90 – 100 ekor. Kemudian saat umur puyuh mencapai 10 hari, jumlah anak puyuh sebaiknya dikurangi hingga menjadi 60 ekor sampai dengan berakhir masa anakan. Kemudian untuk selanjutnya untuk kandang ukuran 1 m2 sebaiknya digunakan untuk 40 ekor puyuh hingga masuk masa bertelur.

3.      Pembuatan Kandang Ternak Puyuh

Kandang yang digunakan untuk beternak burung puyuh terbagi menjadi :

  1. Kandang Induk Pembibitan

Kandang jenis pertama ini memiliki fungsi sebagai tempat indukan burung puyuh untuk pembibitan. Jenis kandang ini akan sangat mempengaruhi hasil dari produktivitas dan kualitas telur puyuh. Sesuaikan ukuran kandang yang dibuat dengan jumlah indukan burung puyuh yang akan dipelihara. Ukuran kandang puyuh yang ideal untuk pembibitan adalah luasan kandang 200 m2 untuk 1 ekor puyuh dewasa.

 

  1. Kandang Indukan Petelur

Jenis kandang yang kedua ini yaitu untuk indukan puyuh yang dikhususkan menghasilkan telur. Ukuran kandang ini sama dengan kandang induk pembibitan. Namun bisa ditambah sedikit jumlah kepadatan puyuh pada kandang indukan petelur dalam satu kandang.

 

  1. Kandang Anak Puyuh

Kandang jenis ketiga ini khusus digunakan untuk memelihara anak puyuh umur 1 – 2 hari atau 3 minggu. Dalam kandang ini dianjurkan menggunakan pemanas ruangan agar terjaga kehangatan anak puyuh. Dalam satu kandang bisa menampung sekitar 90 – 100 anak puyuh dengan ukuran ideal P x L x T = 100 x 100 x 40 cm dengan tinggi kaki kandang 50 cm.

 

  1. Kandang Puyuh Umur 3 – 6 Minggu

Jenis kandang ini adalah yang terakhir, biasanya digunakan untuk puyuh yang berumur 3 – 6 minggu. Bentuk, ukuran dan kapasitas burung puyuh dalam kandang ini sama dengan kandang indukan petelur. Pada umumnya jenis kandang ini mempunyai alas berupa kawat ram.

Dalam pembuatan kandang ternak puyuh, pastikan juga pemberian perlengkapan pendukung misalnya tempat makan dan minum, tempat bertelur.

4.      Persiapan Bibit Puyuh (DOQ) atau Siap Telur

Selanjutnya setelah kandang puyuh siap, maka langkah selanjutnya adalah persiapan bibit puyuh yang akan diternak. Namun perlu diketahui, ada 3 jenis bibit puyuh berdasarkan tujuan pemeliharaan, yaitu sebagai berikut :

  1. Bibit Puyuh Petelur

Jenis bibit pertama ini khusus untuk memproduksi telur puyuh yang akan dijual. Pilih burung puyuh jantan dan betina yang sehat, tidak cacat serta tidak mempunyai riwayat penyakit sebelumnya agar bisa memproduksi dengan optimal.

 

  1. Bibit Puyuh Pedaging

Jenis bibit ini adalah sebagai penghasil daging sehingga puyuh dipelihara untuk tujuan dijual dagingnya. Sebagai puyuh pedaging sebaiknya dipilih bibit puyuh pejantan serta jenis puyuh pertelur yang telah afkir.

 

  1. Bibit Puyuh Penghasil Telur Tetas

Selanjutnya ada bibit puyuh sebagai penghasil telur tetas. Untuk jenis ini sebaiknya dipilih bibit puyuh betina yang mempunyai produktivitas telur baik sedangkan untuk puyuh pejantan pilih yang sehat dan juga sudah siap dikawinkan.

Untuk penyedia bibit (DOQ) burung puyuh atau puyuh siap telur, anda bisa menghubungi nomor : 0852 – 0444 – 2224

5.      Perawatan Burung Puyuh

Selama masa pemeliharaan, peternak harus mempehatikan perawatan puyuh agar bisa memberikan hasil panen yang optimal. Beberapa perawatan yang wajib dilakukan saat beternak puyuh adalah menjaga kebersihan kandang, pemberian pakan yang teratur dengan memperhatikan gizi pakan, melakukan pengontrolan terhadap penyakit, serta memeberikan vaksinasi dan obat pada puyuh.

Untuk puyuh petelur, masa perawatan saat masa bertelur puyuh juga harus diperhatikan dengan baik agar bisa memproduksi telur dengan maksimal.

6.      Masa Panen Puyuh

Setelah masa perawatan dan pemeliharaan, inilah saat yang dinantikan oleh para peternak yaitu masa panen. Untuk melakukan panen telur puyuh sebaiknya dilakukan saat pagi hari sebelum memberi makan (sekitar pukul 06.00). Telur hasil panen hendaknya disimpan pada suatu tempat dan pisahkan telur yang retak dari telur yang masih utuh.

Sedangkan untuk daging puyuh sudah mulai bisa dipanen pada usia 30 hari, tentunya jika bobot puyuh sudah mencukupi kriteria permintaan.

Penyedia Bibit Puyuh

Bagi anda yang tertarik untuk beternak puyuh maupun yang sudah menekuni bisnis ternak burung puyuh ini, maka anda bisa mempercayakan kebutuhan ternak puyuh pada kami.

Kami merupakan perusahaan dagang atas nama CV. Nitnot yang siap menyediakan berbagai macam kebutuhan ternak anda. Untuk ternak puyuh kami menyediakan : bibit (BOQ) puyuh dan puyuh siap telur. Selain itu kami juga siap untuk memenuhi kebutuhan bibit ayam joper, bibit ayam arab, bibit bebek petelur dan pedaging, bibit entok, ayam joper umur 1 bulan dan juga hasil panen ayam joper.

Anda bisa menghubungi kami di nomor : 0852 – 0444 – 2224

Atau mengunjungi kantor CV. Nitnot di Kota Blitar dengan alamat Jl. Muhammad Hatta No. 2, Kota Blitar atau di kantor Kab. Kediri di Jalan Merak E21, Gampengrejo, Kediri.