Jual Tepung Ikan Untuk Pakan Ternak

Gratis Ongkir Seluruh Jawa - Madura, Pelunasan Bisa di Tempat

Dapatkan tepung ikan berkualitas dengan harga yang bersahabat.

Jual Tepung Ikan Harga Murah Bisa Eceran

CV Nitnot merupakan perusahaan yang berkantor pusat di Blitar – Jawa Timur, yang bergerak dibidang peternakan, kami mempunyai pengalaman lebih dari 3 tahun dalam menjual produk-produk peternakan, mulai dari bibit, pakan, hingga hasil panen peternakan.

Salah satu produk yang kami jual adalah tepung ikan. Tepung ikan merupakan salah satu bahan pakan ternak yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein bagi hewan ternak. Peternak bisa membuat racikan pakan sendiri dengan menggunakan tepung ikan ini dengan ditambah bahan pakan lain seperti jagung, dedak, dan lain sebagainya, agar nutrisi yang dibutuhkan ternak tercukupi.

Tepung ikan dapat dijadikan sebagai alternatif campuran pakan yang lebih terjangkau untuk peternak. Tepung ikan kami merupakan produksi dalam negeri, sehingga dengan menggunakan tepung ikan ini kita bisa berdikari dan tidak bergantung pada pakan ternak yang di import dari luar negeri.

Info dan pemesanan hubungi :

0821 3678 3880 a/n Mbak Ellisa

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan cs kami area Jawa

Harga Tepung Ikan

BeratHarga / KgHarga per sak
8 TonRp. 6,000Rp. 300,000
7 TonRp. 6,200Rp. 310,000
6 TonRp. 6,300Rp. 315,000
5 TonRp. 6,500Rp. 325,000
4 TonRp. 6,600Rp. 330,000
3 TonRp. 6,700Rp. 335,000
2 TonRp. 6,900Rp. 345,000
1 TonRp. 7,000Rp. 350,000
2-19 SakRp. 7,800Rp. 390,000
1 SakRp. 8,400Rp. 420,000

Alasan Beli Tepung Ikan

Banyak orang bertanya “Apakah Tepung Ikan Penting Untuk Alternatif Pakan Ternak?” Ada 4 alasan kenapa anda harus beli tepung ikan :

Kami siap melayani dan bekerjasama dengan anda, kami menyediakan tepung ikan berkualitas tinggi. Kami Melayani Pembelian Tepung Ikan Eceran maupun Grosir. Selain itu sentrabibitunggas.com juga telah banyak dipercaya para peternak untuk referensi tempat membeli tepung ikan.

Harga Tepung Ikan

Kami Siap Membantu Anda 24 Jam

Tim sentrabibitunggas.com terdiri dari banyak para pemuda yang memiliki keahlian di bidangnya masing – masing. Kami siap melayani anda selama 24 jam secara profesional, cepat dan sopan.

Dengan pengalaman kami yang lebih dari 2 tahun, kami akan membantu anda dalam mengembangkan bisnis peternakan. Sentrabibitunggas.com merupakan solusi atas permasalahan anda mengenai tempat penjual tepung ikan terpercaya di seluruh Indonesia

Keuntungan Membeli Tepung Ikan Di KAMI

Kualitas No. 1

Kami hanya menjual Tepung Ikan dengan kualitas no. 1

Bisa Bayar di Tempat

Pulau jawa - madura, kirim sampai tempat, bayar setelah sampai

Tentunya Bergaransi

Memberikan garansi 100% terhadap produk kami

Beli Bisa Ecer

Kami Juga Melayani Pembelian Tepung Ikan Eceran

Driver Berpengalaman

Pernah melakukan pengiriman mulai banyuwangi hingga banten

Armada Sendiri

Armada milik sendiri untuk pengiriman lebih aman

Team Pengiriman Handal

Team pengiriman sudah sangat terlatih dan professional

Team Support

Team sales siap support agar ternak anda sukses

Supplier Tepung Ikan Terbesar, Berkualitas dan Terpercaya

Sentrabibitunggas.com merupakan supplier tepung ikan terpercaya di Indonesia. Kami memiliki badan usaha atas nama CV. Nitnot. Kami telah banyak memproduksi tepung ikan yang murah dan berkualitas sejak tahun 2015. Kami adalah supplier tepung ikan yang siap melayani kebutuhan pakan ternak anda, kami bisa suplai tepung ikan secara rutin dan berkelanjutan, kami mempunyai beberapa kelebihan yaitu :

Jual Tepung Ikan Untuk Pakan Ternak | Peluang usaha budidaya hewan ternak saat ini menjadi sebuah bisnis yang mulai banyak diminati. Beternak mulai dari merawat bibit ternak dan memelihara hewan ternak yang berkualitas serta bisa memenuhi keinginan pasar menjadi hal yang mengasyikan bagi peternak. Karena saat ini juga sudah terdapat banyak pilihan hewan ternak yang bisa dibudidayakan oleh peternak.

Bagi pelaku budidaya hewan ternak pastinya mempunyai kiat-kiat agar usahanya bisa berkembang dan juga supaya kualitas mutu serta produktivitas hewan ternaknya tetap terjaga.

Hal terpenting yang menjadi awal dalam menjaga kualitas hewan ternak adalah dengan menjamin kesehatan dan mutu dari pakan yang diberikan untuk ternak-ternaknya. Salah satu pakan ternak yang benar-benar bagus serta berkualitas untuk hewan ternak adalah pakan yang terbuat dari kombinasi tepung ikan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Kriteria Kelayakan Pakan Ternak

Memberi pakan pada hewan ternak tidak bisa asal-asalan karena menentukan kualitas dan perkembangan dari binatang ternak. Maka dari itu, sebelum menentukan jenis pakan yang akan dipilih untuk ternak, peternak harus memastikan bahwa pakan tersebut memang sudah sesuai dengan kebutuhan hewan ternak, baik dari segi takaran dan kandungannya, misalnya dengan pemberian tepung ikan. Sehingga dengan kadar gizi serta nutrisi yang pas akan menghasilkan hewan ternak sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk itu, berikut beberapa syarat yang menjadi kriteria kelayakan bahan baku pakan ternak sebelum memilih campuran bahan untuk pakan, tinggal disesuaikan sesuai dengan kebutuhan peternak masing-masing:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Karena pemberian pakan pada hewan ternak merupakan hal yang sangat sensitif serta berdampak langsung pada kesehatan, produktivitas dan pertumbuhan hewan ternak. Sehingga tidak boleh sembarangan dan asal memberikan pakan, perlu diperhatikan pemberian pakan yang tepat supaya kandungan gizi di pakan ternak bisa tercukupi.

Kesalahan pemberian pakan merupakan hal yang fatal bagi peternak, oleh sebab itu wajib untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan ternak dan memilih bahan pakan yang memiliki kandungan sesuai dan menyesuaikan takarannya agar pas dengan kebutuhan hewan ternak. Sebagai pilihan pakan ternak yang nutrisinya tercukupi bisa menggunakan tepung ikan.

2. Pastikan kualitas bahan baik

Sebagai peternak, harus memastikan bahwa bahan baku pakan dalam keadaan paling baik dan berkualitas, tidak berjamur, tidak berbau tengik dan steril tidak terkontaminasi oleh zat yang berbahaya dan beresiko membuat hewan ternak keracunan.

Nilai gizi dari pakan ternak akan menurun bersamaan dengan penggunaan bahan baku dengan kualitas yang tidak baik seperti tengik, berjamur, kadaluarsa dan sebagainya.

Karena kondisi persaingan bisnis supplier bahan baku pakan ternak seperti tepung ikan semakin ketat dan kompetitif, maka peternak harus berhati-hati karena mulai banyak bertebaran pemalsuan bahan baku pakan ternak seperti tepung ikan.

Beberapa peternak tentunya akan mengalami kerugian apabila membeli bakan baku pakan ternak yang palsu, karena bisa sampai menyebabkan kematian hewan ternak. Disisi lain, dibutuhkan juga adanya pengetahuan mengenai beberapa bahan baku pakan ternak yang mempunyai kandungan toksin atau zat anti nutrisi didalamnya. Oleh karena itu, diperlukan penyuluhan yang berkaitan dengan wawasan tentang kualitas bahan baku pakan yang akan dipakai.

3. Harga pakan terjangkau

Selain memastikan soal nutrisi dan kualitas bahan pakan ternak, sebagai peternak juga harus mempertimbangkan masalah budget atau biaya pakan. Harga pakan hewan ternak harus disesuaikan dengan pendapatan yang dihasilkan agar peternak tidak rugi, karena tentunya beternak untuk mendapatkan keuntungan.

Pakan ternak merupakan salah satu pengeluaran yang harus dihitung dan benar-benar direncanakan dari awal untuk kemudian dibandingkan dengan jumlah pendapatan. Maka dari itu, sebagai peternak harus memilih bahan baku pakan ternak yang harganya terjangkau atau bahkan relatif lebih murah agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Salah satu bahan pakan ternak dengan harga bersahabat yang bisa digunakan adalah tepung ikan.

4. Pakan mudah didapatkan

Jika semua kriteria diatas sudah terpenuhi, maka harus dipastikan bahwa campuran bahan pakan yang sudah dipilih tadi bisa dengan gampang didapatkan. Misalnya, bahan baku pakan yang dipilih adalah tepung ikan. Maka peternak harus bisa memastikan bahwa ada supplier atau penjual tepung ikan di sekitar tempat beternak agar tidak kesulitan jika nanti membutuhkan bahan pakan tepung ikan tersebut dalam waktu yang mendesak.

Namun, jika tidak bisa menemukan penjual bahan pakan di sekitar tempat beternak maka di zaman sekarang bisa dengan mudah memperoleh pakan ternak di toko online yang terpercaya untuk memenuhi stok bahan baku pakan ternak. Atau bisa didapatkan juga di www.ayamjoper.id

Kenapa Tepung Ikan Untuk Pakan Ternak ?

Tepung ikan sangat baik untuk menjadi pilihan pakan ternak karena dalam tepung ikan terdapat kadar protein yang tinggi. Sehingga ia berfungsi sebagai komposisi inti dalam peracikan bahan baku pakan binatang ternak agar menjamin kualitas ternak tetap optimal dan bernilai jual tinggi. Sebagai pakan ternak, tepung ikan mempunyai banyak asam lemak esensial DHA dan EPA yang memiliki peran untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas binatang ternak.

Kandungan protein dalam tepung ikan mencapai hingga 680 gram/kg dengan kandungan minyak kurang dari 90 gram/kg yang menjadikan tepung ikan sebagai pilihan terbaik untuk campuran pakan ternak.

Sekilas Mengenai Tepung Ikan

Tepung ikan ialah satu-satunya produk baru yang berasal dari hasil proses penggilingan ikan dengan kadar air rendah. Terbuat dari ikan ikan yang masih utuh maupun yang sudah tidak utuh dari limbah pengolahan ikan dan tidak layak dikonsumsi oleh manusia, kemudian dijemur hingga kering atau dikeringkan selanjutnya digiling sekaligus. Karena melewati proses pengeringan, sehingga tepung ikan memiliki kadar air dan kadar garam yang rendah namun tinggi protein.

Sebagai pakan ternak, proses pembuatan tepung ikan kelihatannya mudah tetapi pada praktek pengolahannya akan sangat sulit apabila tidak dikerjakan oleh ahlinya. Karena mulai dari proses pemilahan ikan, penggilingan ikan basah, pengukusan, pengeringan ikan, pemerasan minyak, kemudian penggilingan cage hingga pengepakkan/packaging harus benar.

Saat ini sudah banyak yang menjual tepung ikan sebagai pakan ternak, sehingga bagi peternak yang tidak mempunyai banyak waktu untuk membuat tepung ikan sendiri tidak perlu khawatir dan tidak perlu repot-repot.

Ada banyak supplier tepung ikan dengan harga yang terjangkau sesuai pasaran dan beraneka ragam. Setidaknya ada 3 penyebab perbedaan pada harga jual tepung ikan yaitu jenis ikan, kemurnian ikan dan kandungan protein yang terdapat didalamnya.

Kelebihan Pakan Ternak Menggunakan Tepung Ikan

Pengecekan kualitas mutu dari pemilihan sebuah pakan ternak terdapat di proses akhir ketika sudah dilakukan pencampuran dengan banyak bahan pakan yang lain. Misalnya saja ketika peternak mencampurkan bahan pakan jagung dan bekatul, dan kemudian dicampur lagi dengan bahan yang lainnya. Maka bahan lain yang menjadi campuran tersebut memiliki peran sangat penting dalam menilai apakah sebuah pakan ternak berkualitas atau tidak berkualitas.

Namun, jika peternak mencampurkan kedua bahan pakan diatas (jagung dan bekatul) kemudian menambahkan tepung ikan, maka nilai akhir dari pakan ternak bisa menjadi berkualitas. Karena saat dicampurkan dengan tepung ikan, pakan ternak mempunyai kandungan nutrisi, zat protein dan gizi lain yang sangat baik untuk pemenuhan nutrisi ternak agar bisa berproduksi sesuai dengan yang diharapkan. 

Manfaat Tepung Ikan Untuk Pakan Ternak

Tentunya tepung ikan mempunyai manfaat dan keistimewaan tersendiri untuk kesehatan binatang ternak jika dijadikan sebagai pakan. Selain kelebihan tepung ikan sebagai pakan ternak seperti yang sudah disinggung diatas, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari penggunaan tepung ikan sebagai pakan ternak:

1. Mempunyai kandungan nutrisi yang mudah diserap

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tepung ikan mengandung banyak zat yang baik dan tidak diragukan lagi untuk pertumbuhan dan perkembangbiakkan hewan ternak. Diantara nutrisi yang bagus dalam tepung ikan adalah tingginya protein, asam lemak esensial DHA serta EPA yang mudah diserap oleh binatang ternak sehingga dengan otomatis akan mempercepat produktivitas hewan ternak.

2. Membantu memenuhi kebutuhan gizi hewan ternak

Karena pemberian pakan adalah hal yang sangat berpengaruh pada hewan ternak dan tidak bisa sembarangan, maka dengan memilih tepung ikan sebagai pakan akan membantu pemenuhan gizi pada hewan ternak agar tumbuh sehat, berkualitas serta sesuai harapan.

3. Mempercepat perbaikan sel dan jaringan yang rusak

Selain kandungan protein dan asam lemak esensial, dalam tepung ikan yang dijadikan pakan ternak juga mengandung minyak ikan yang sangat bagus dalam membantu perbaikan sel-sel serta jaringan hewan ternak yang rusak. Dengan ini hewan ternak dapat tumbuh sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Jenis Tepung Ikan Berdasarkan Kualitas

Menurut hasil riset dari The International of Fish Manufacture telah merilis data mengenai sebagian klasifikasi kualitas tepung ikan dan terbagi dalam 4 (empat) jenis yaitu:

  1. Tepung ikan protein standart, yaitu mengandung 600 gram sampai dengan 639 gram per kg protein.
  2. Tepung ikan protein reguler dan kandungan minyak rendah, yaitu yang mengandung sekitar 640 gram hingga 679 gram per kg protein dan kandungan minyak 60 gram per kg.
  3. Tepung ikan protein reguler, yaitu dengan kandungan protein antara 640 gram sampai 679 gram per kg, namun kandungan minyak 130 gram per kg.
  4. Tepung ikan protein tinggi, memiliki protein kurang lebih 680 gram per kg dengan kandungan minyak yang kurang dari 90 gram per kg.

Namun, disisi lain hasil akhir produk rata-rata mengandung sekitar 55% protein dan terdapat tidak kurang lebih 4% garam. Syarat lain yang bisa digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai kualitas tepung ikan adalah keseimbangan protein, disgebilitas protein, efisiensi protein, lysin dan metionin.

Selain itu, kandungan sulfoksida yang tinggi dapat dikaitkan dengan mutunya yang belum bisa menjadi bagian dari kata prima. Adanya sulfoksida ini bisa memberikan indikasi bahwa sudah terjadi sistem oksidasi pada protein tepung ikan itu ketika dalam saat penyimpanan.

Takaran Campuran Tepung Ikan di Pakan Ternak

Dalam pemberian tepung ikan untuk pakan ternak haruslah sesuai dengan takaran, karena tepung ikan ini bukan sebagai bahan pakan yang utama, namun lebih bersifat sebagai bahan campuran untuk pakan ternak. Apalagi tepung ikan termasuk pakan ternak yang memiliki harga di range kelas menengah. Sehingga apabila terlalu boros pemberiannya akan membuat biaya pakan semakin membengkak.

Selain itu, kebutuhan nutrisi dan pakan setiap hewan ternak berbeda menurut umurnya, sehingga tidak bisa disamakan pemberian takaran pakannya. Namun, ukuran pemberian tepung ikan untuk campuran pakan pada umumnya adalah sekitar 15% sampai dengan 20% dari jumlah total pakan yang sedang dibuat.

Harga Tepung Ikan Pakan Ternak

Saat ini harga tepung ikan di pasaran sangat beragam. Karena dipengaruhi oleh tingkat kesegaran ikan, kandungan protein dan jenis ikan yang digunakan untuk pembuatan tepung. Sehingga kesimpulannya jika semakin tinggi kualitas dan kandungan protein dari tepung ikan maka akan semakin tinggi pula harganya. Sebagian besar tepung ikan yang masih dijual di pasaran memiliki kandungan protein dibawah 20%.

Berikut ini adalah beberapa daftar untuk referensi harga tepung ikan yang bisa dibeli :

  1. Tepung ikan ekonomis yang memiliki kandungan protein sekitar 35% – 40%. Tepung ikan jenis ini terbuat dengan komposisi campuran dari 60% ikan dan 40% bahan pendukung. Tepung ikan ekonomis ini masih menggunakan metode pengeringan secara tradisional. Di pasaran dijual dengan harga Rp 10.500
  2. Tepung ikan murni grade A dengan kandungan protein sekitar 20% – 30% dan terbuat dari 100% ikan asli serta tanpa tambahan bahan pendukung untuk campuran. Yang bisa dibeli yaitu dengan harga Rp 12.500
  3. Tepung ikan murni grade B yang mengandung protein 35% – 40%. Dalam tepung ikan ini ada berbagai ikan yang digunakan seperti ikan tuna tongkol, surimi, udang, juwi, dan pethek serta tanpa menggunakan bahan pendukung untuk campuran. Untuk grade B ini dijual dengan harga Rp. 13.500
  4. Tepung ikan grade C terdapat 40% – 45% kandungan protein. Sebenarnya tepung ini dan tepung ikan grade B dibuat dengan komposisi yang sama tetapi pembedanya karena tepung ikan grade C ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Dan harga jualnya dibanderol dengan harga yaitu Rp 15.000
  5. Tepung ikan murni terbuat dari 100% ikan tanpa tambahan bahan campuran. Mempunyai kandungan 50% Dibanderol dengan harga jual Rp 17.500
  6. Tepung ikan murni yang mengandung 55% protein, dijual dengan harga Rp 18.500
  7. Tepung ikan murni tinggi protein dengan kandungan sekitar 55% – 60% protein. Harganya dibanderol relatif terjangkau yaitu dengan harga Rp 20.000

Tempat Beli Tepung Ikan

Tidak semua peternak bisa membuat tepung ikan sendiri, karena selain membutuhkan ketrampilan dan keahlian juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Di Indonesia juga sudah tersedia banyak supplier atau penjual tepung ikan siap pakai untuk pakan ternak, bahkan juga sudah ada berbagai pabrik pembuat tepung ikan dan beberapa sudah bersertifikat resmi.

Tepung ikan untuk pakan ternak bisa dibeli secara eceran per kilogram maupun pembelian dalam jumlah banyak dengan harga grosir. Tentunya harga eceran sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pembelian grosir, selain itu juga banyak penjual tepung ikan yang menjual di pasaran dengan harga yang bervariasi sesuai dengan jenis kualitas tepung ikan atau sesuai dengan banyaknya kandungan protein yang terdapat didalamnya. Seperti misalnya perbedaan harga tepung udang dan tepung tulang.

Bagi peternak yang sudah memilih tepung ikan sebagai campuran bahan pakan ternak, tidak perlu bingung untuk mencari tempat membeli tepung ikan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau karena kami menjual tepung ikan pakan ternak per sak dengan harga eceran maupun harga grosir sesuai dengan kebutuhan peternak.