kandang ayam petelur

Kandang Ayam dari Bambu

Kandang ayam dari bambu merupakan kandang ayam yang menggunakan bahan utama pohon bambu. Meski hanya menggunakan kayu dari pohon bambu, pembuatan kandang ayam bisa didesain dengan berbagai bentuk. Bahan bambu merupakan bahan yang mudah ditemukan dan juga harganya sangat ramah di kantong.

Kandang ayam dari bambu merupakan kandang awalan yang bisa dipakai peternak ayam pemula yang belum mempunyai banyak uang untuk membeli kandang dan sangat cocok untuk memelihara ayam yang tidak terlalu banyak selain itu kandang dari bambu juga lebih tahan lama.

Harga Kandang Ayam dari Bambu di Kami (CV. Nitnot)

Produk Harga Kandang
Kandang ayam dari bambu Hubungi nomer di bawah layar anda

 

 

 

Catatan : Harga kandang ayam berkualitas ini dapat berubah dari waktu ke waktu, pastikan anda update harga kandang ayam di pasaran atau menghubungi customer service kami melalui nomor telepon yang sudah kami sediakan dibagian bawah ponsel anda.

Dasar Pembuatan Kandang Ayam dari Bambu

kandang ayam dari bambu

Ada beberapa dasar yang digunakan untuk pembuatan kandang ayam dari bambu sederhana ataupun modern. Dasar pembuatan ini harus benar-benar diperhatikan agar kandang berfungsi secara optimal. Diantara dasar pembuatan kandang tersebut adalah sebagai berikut.

1. Ukuran Kandang

Membuat kandang ayam dengan bahan pohon bambu harus disesuaikan dengan jenis atau usia ayam. Idealnya, satu kandang bambu untuk satu ekor ayam berukuran 75 x 75 cm. Namun ukuran ini bisa lebih besar atau kecil tergantung dengan ukuran ayam,

2. Material atau Bahan

Karena namanya kandang ayam bambu, maka Anda harus menyiapkan bahan dari pohon bambu secukupnya. Jika tidak ada pohon bambu, maka material kayu bekas ataupun triplek juga biasa digunakan. Untuk atapnya bisa memakai ijuk, terpal atau seng. Apapun bahan yang digunakan, bagian atap harus dipastikan dapat menahan air hujan agar tidak masuk ke dalam kandang.

3. Desain

Bentuk kandang ayam secara umum ada 2 macam yaitu kandang postal dan kandang baterai. Untuk kandang postal biasanya dipakai untuk ayam yang masih belum dewasa atau masih kecil. Sedangkan kandang baterai banyak dipakai untuk ayam yang sudah dewasa.

Pemakaian kandang baterai ini banyak dipilih oleh peternak ayam karena dapat menampung ratusan hingga ribuan jumlah ayam. Bentuknya pun dapat dibuat sangat besar dengan beberapa tingkatan.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Dasar pembuatan kandang ayam yang terakhir adalah disesuaikan dengan kebutuhan. Kepentingan pembuatan apapun, tak terkecuali kandang ayam, haruslah dibuat sesuai dengan yang dibutuhkan. Setiap pemilik ayam pasti mengetahui dengan benar bagaimana kebutuhan kandangnya.

Kebutuhan ini harus sesuai dengan jumlah ayam, jenis ayam, luas tempat yang ada, kondisi cuaca, kondisi lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Dengan begitu kandang yang dibuat tidak akan percuma dan dapat berfungsi dengan optimal.

Cara Buat Kandang Ayam Dari Bambu

kandang ayam dari bambu

Untuk dapat membuat kandang ayam dari bambu, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Anda harus memperhatikan langkah-langkah berikut ini untuk memperoleh kandang bambu yang kokoh.

1. Mengumpulkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat kandang ayam adalah mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan. Semua alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kandang harus sudah disediakan sebelum pembuatan kandang dimulai.

Untuk membuat kandang bambu, pastikan jumlah bambu sesuai dengan desain yang akan dibuat. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan tambahan lain sebagai pelengkapnya.

2. Membuat Kerangka Dasar

Sesudah menyiapkan alat dan bahan yang digunakan, Anda bisa mulai membuat kerangka dasar. Kerangka dasar ini dibuat berdasarkan desain yang sudah Anda pilih sebelumnya. Pembuatan kerangka ini harus menyeluruh mulai dari bagian bawah hingga bagian atap. Perhitungan harus matang agar kerangka dasar sekaligus pondasi ini dapat berdiri dengan kokoh.

3. Awali dengan Lantai Alas Kandang

Setelah membuat kerangka dasar, Anda bisa mulai membuat bagian alas/ bawah kandang terlebih dahulu. Usahakan untuk membuat alas kandang yang praktis agar mudah dibersihkan. Untuk membuat bagian alas kandang, bahan bambu sebaiknya diamplas terlebih dulu.

Amplas dilakukan dengan tujuan agar permukaan menjadi halus dan tidak melukai kaki ayam. Pasanglah 2 lapisan alas. Alas yang pertama sebagai tempat pijakan, sedangkan yang kedua sebagai tempat kotoran ayam.

4. Memasang Kerangka di Setiap Sisi

Jika sudah selesai memasang bagian alas, maka Anda bisa memulai untuk memasang bagian kerangka di setiap sisi demi sisi yang ada. Apabila bahan bambu masih kurang, Anda bisa menambahkan bahan lain untuk melengkapinya.

Jangan sampai lupa untuk membuat pintu di sisi depan kandang sebagai akses keluar masuk ayam. Selain itu, Anda juga harus memastikan celah yang ada di tiap sisinya sudah cukup untuk jalan keluar masuk udara. Karena ventilasi udara yang baik dapat meningkatkan produktivitas ayam. Bukan hanya pertukaran udara, celah di tiap sisinya juga berfungsi sebagai jalan keluar masuknya cahaya.

Model Kandang Ayam Dari Bambu

kandang ayam dari bambu

Kandang ayam yang terbuat dari bambu ada beragam bentuknya. Selain kandang baterai bambu, Anda juga bisa membuat model lain. Apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya.

1. Kandang Ayam Kurung

Terbuat dari bambu, kandang ayam berbentuk kurungan ini sangat banyak dipakai untuk memelihara ayam di rumah. Kandang ini sangat praktis namun mudah terbuka, sehingga ayam bisa lari keluar. Kandang ini dipatok dengan harga Rp100.000 hingga Rp250.000.

2. Kandang Ayam Lipat

Kandang ini disebut kandang lipat karena dapat dibongkar pasang tiap sisinya. Kandang ini dikemas dalam bentuk lipat dan Anda harus merakitnya sendiri jika membelinya. Bukan hanya ayam, kandang ini juga bisa dipakai oleh hewan lain seperti bebek, kelinci ataupun marmut. Kandang ini dibanderol sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000.

3. Kandang Ayam Tingkat

Desain kandang ini memiliki tingkat-tingkat yang disusun dengan rapi. Kandang tingkat ini termasuk dalam jenis kandang tipe baterai karena ada sekat di setiap kandangnya. Kandang ini sangat cocok dipakai untuk berbagai jenis ayam. Kandang ayam tingkat umumnya dijual dengan harga Rp200.000 hingga Rp500.000.

4. Kandang Ayam Panggung

Ukuran kandang bambu dengan model panggung, biasanya tidak terlalu besar. Sehingga jumlah ayam yang mampu ditampungnya hanya dalam jumlah yang terbatas. Tidak ada sekat dalam kandang model ini sehingga ayam bebas bergerak. Meski terbuat dari bambu, kandang panggung dipasarkan sekitar Rp500.000 hingga Rp3000.000.

Tips Membuat Kandang Ayam dari Bambu Minimalis

kandang ayam dari bambu

Bentuk kandang bambu minimalis banyak dipakai oleh banyak peternak ayam. Bahan kandang ayam dari bambu semua membuat pembuatannya susah-susah gampang. Anda harus pandai memotong tiap bagian bambu agar sesuai dengan yang diinginkan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat kandang ayam bambu yang minimalis, yaitu:

⦁ Ukuran
Ukuran kandang ayam harus sesuai dengan jumlah ayam dan juga dana yang dipersiapkan. Jangan sampai ukuran terlalu besar atau terlalu kecil.

⦁ Letak Kandang
Pilihlah lokasi kandang yang jauh dari tempat tinggal warga sekitar agar tak menimbulkan dampak negatif pada manusia. Jarak ideal kandang dengan rumah adalah 10 m.

⦁ Arah Kandang
Buatlah kandang yang mengarah ke timur atau barat agar ayam-ayam mendapatkan sinar matahari yang cukup.

⦁ Konstruksi Kandang
Tentukan konstruksi kandang dengan cermat agar kandang tidak mudah roboh.

⦁ Atap Kandang
Gunakan bahan untuk atap kandang yang tahan guyuran air dan juga terik matahari.

⦁ Dinding Kandang
Untuk dinding, usahakan menggunakan bahan yang kuat.

⦁ Lantai Kandang
Buatlah lantai dengan ketinggian yang sesuai, minimal 5 cm. Anda bisa memilih cor semen agar lebih mudah dibersihkan.

Untuk membuat kandang ayam yang terbuat dari bambu, Anda harus mempertimbangkan bahan dan biaya yang dibutuhkan. Lebih praktisnya, Anda bisa datang ke tempat yang jual kandang ayam dari bambu untuk memilih kandang yang sesuai dengan budget.

Jual Kandang Ayam Bambu Murah

kandang ayam petelur

Anda ingin membeli kandang ayam dari bambu dengan harga sangat murah tapi berkualitas? Kami dari CV. Nitnot sudah hampir 3 tahun dipercaya sebagai penyedia kandang ayam berkualitas tinggi dengan dukungan armada mobil kami yang sangat banyak kami akan mengantarkan ayam pesananan anda sesuai lokasi anda dengan selamat.

Ayo segera order kandang ayam bambu dari kami! jika ada yang rusak, kami siap garansi potong harga di tempat apalagi kami menggunakan sistem bayar di tempat, solusi belanja ayam murah dan aman. Untuk pemesanan silahkan menghubungi kontak yang berada di bawah layar anda.

Related Posts

Leave a Comment