kandang ayam petelur

Ukuran Kandang Ayam Petelur

Ukuran kandang ayam menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan para peternak. Bagaimana mungkin ayam bisa tumbuh sehat, jika kandang tak nyaman? Membuat kandang ayam memang bukan perkara gampang, sebab perlu memperhatikan berbagai aspek. Tak cuma terkait ukuran tentunya, namun faktor pendukung lain, seperti tingkat kenyamanan, efektivitas, hingga daya tahan.

Memperhatikan Lahan Untuk Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor

lahan untuk kandang ayam

Berbicara soal ukuran, peternak tentu harus memperhitungkan kapasitas atau jumlah ayam yang ingin dipelihara. Berapa jumlah ayam yang akan Anda budidayakan di satu lahan? Penempatan atau lokasi kandang pun akan menentukan ukuran kandang yang sesuai untuk memelihara ayam petelur. Supaya Anda tak salah kaprah, pahami dulu hal ini ini.

Sebagai contoh, Anda ingin memelihara sekitar 50 ekor ayam petelur di dalam kandang yang sama. Berapa kira-kira ukuran kandang yang harus dibuat? Perhitungan rinci tentu ukuran ini akan menggunakan rumus matematika sederhana. Secara matematis, Anda membutuhkan sekitar 10 – 20  meter persegi untuk ukuran kandang ayam berkapasitas 50 ekor.

Ukuran tersebut telah memenuhi standar yang tertuang dalam peraturan Menteri Pertanian. Dengan begini, ayam dijamin mampu hidup dengan nyaman dan berkembang biak. Hasil telur yang didapatkan pun jauh lebih maksimal serta menguntungkan. Peternak bakal diuntungkan dengan luas kandang tersebut, sebab mampu meminimalisir penyebaran penyakit pada unggas.

Satu hal penting dari pembuatan serta perencanaan ukuran kandang petelur adalah kenyamanan. Faktor kenyamanan tetap menjadi perhatian utama, mengingat unggas pun rentan mengalami stres. Saat stres melanda, unggas bisa menunjukkan berbagai gejala serta dampak yang diakibatkan. Misalnya saja, produksi telur yang menurun daripada sebelumnya. Oleh sebab itu, penting memperhatikan faktor kenyamanan saat memelihara ayam petelur.

Selain menciptakan suasana nyaman, ukuran kandang juga berpengaruh pada bau yang dihasilkan. Mengingat kotoran unggas menimbulkan bau tak sedap, sebaiknya hindari lokasi yang berdekatan dengan pemukiman. Usahakan lokasi peternakan memungkinkan untuk memelihara unggas dan tak menyebabkan masalah higienitas di kemudian hari.

Ukuran Kandang Ayam Petelur 100 Ekor: Bagaimana Kenyamanannya?

ukuran kandang ayam petelur

Penambahan jumlah ayam tentu mempengaruhi kapasitas kandang yang digunakan. Setidaknya, 50 ekor ayam baru akan membutuhkan ruang 2 kali dari sebelumnya. Bila ukuran kandang hanya berkisar 20 meter persegi, Anda butuh menambah sekitar 20 – 30 meter persegi lagi. Dengan demikian, ukuran kandang dengan 100 ekor ayam minimal 50 meter persegi sesuai standar.

Umumnya, pemeliharaan ayam dalam skala besar tak menggunakan kandang bersekat. Meskipun demikian, Anda bisa membuat sekat untuk memisahkan antara 1 dengan lainnya. Setiap sekat bisa diisi 1 – 2 ekor ayam, tergantung kebutuhan. Untuk mempermudah Anda, cobalah membuat kandang bersekat dengan ukuran 120 cm x 35 cm x 35 – 42 cm x 28 – 37 cm. Ini adalah ukuran panjang, lebar, tinggi depan, dan belakang sekat kandang.

Masing-masing ukuran punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Idealnya, ukuran tinggi depan belakang lebih panjang untuk mempermudah pemantauan. Peternak bisa mengamati produktivitas serta kualitas dari setiap ayam petelur. Tentunya tanpa mengesampingkan faktor kenyamanan dari ukuran kandang ayam petelur pula.

Pembuatan sekat pada kandang ayam berlaku pada model kandang baterai. Model kandang ini sudah sangat populer di kalangan peternak, seperti halnya kandang bamboo. Kandang baterai punya beberapa kelebihan, seperti biaya pembuatan, kapasitas, serta ukuran lahan yang dibutuhkan. Bukan hanya itu, kandang baterai membantu peternak memanen telur lebih cepat dan aman.

Model Serta Ukuran Kandang Ayam Petelur 1000 Ekor

model kandang ayam petelur

Bagaimana proses pembuatan kandang ayam petelur sesuai iklim tropis di Indonesia? Seperti yang telah disebut sebelumnya, peternak telah mengenal beberapa model kandang ayam. Kandang baterai menjadi salah satu pilihan tepat untuk memelihara dalam jumlah besar. Hal ini dikarenakan ukuran kandang memiliki kapasitas yang luas, walaupun tak butuh lahan besar sekalipun.

Poin satu ini sangat penting, terutama untuk peternak yang punya keterbatasan lahan. Cocok pula bagi Anda yang ingin memulai budidaya ayam petelur di lingkungan sekitar rumah. Model kandang ayam baterai menerapkan prinsip rumah panggung dengan kandang bertingkat. Setiap kandang ayam didesain memanjang dengan penerapan sekat untuk menempatkan setiap ayam induk maupun anakan.

Setiap sekat berisi 1 – 2 ekor ayam disesuaikan dengan kondisi. Jika dilakukan perhitungan kasar, setidaknya lahan seluas 100 – 150 meter persegi bisa memuat 1000 ekor ayam petelur. Artinya, ukuran kandang dengan kapasitas 1000 ekor tak lebih dari 150 meter persegi. Ini bisa menghemat modal awal yang dibutuhkan untuk memelihara ayam petelur.

Pada model kandang baterai, tempat minum dan pakan diposisikan bertingkat. Tempat pakan bisa Anda taruh di bagian atas, sementara minum di bagian bawah. Untuk membuat tempat pakan serta minum, pipa jadi pilihan tepat. Permukaan pipa yang cembung memungkinkan pakan dan air tertampung serta mudah dijangkau oleh ayam.

Tak cuma itu, pipa pun lebih mudah ditemukan di pasaran. Harga jual pipa masih terjangkau, sehingga ramah di kantong. Naman perlu diingat, pipa sebaiknya dalam kondisi prima dan benar-benar bagus. Ini untuk menghindari terjadinya kebocoran pipa yang berimbas pada pasokan pakan dan minum ayam petelur. Jika terjadi kebocoran, ada baiknya segera ganti pipa dengan yang baru.

Poin Plus dari Ukuran Kandang Ayam Petelur Bahan Bambu

Setelah mengetahui kapasitas serta ukuran kandang ayam, kini saatnya mencari tahu bahan serta kelebihan kandang baterai. Beberapa peternak memilih bambu sebagai bahan utama pembuatan model kandang baterai. Pilihan tersebut tentu punya alasan tersendiri, tak terkecuali dari segi biaya.

Dibalik itu semua, kandang ayam berbahan bambu jelas membutuhkan biaya lebih sedikit. Pemilihan bahan bambu didasarkan pada beberapa alasan penting, seperti berikut.

1. Ventilasi

Dari sisi kenyamanan, kandang berbahan bambu dinilai efektif menciptakan sistem ventilasi yang sehat. Celah yang terbentuk antar bambu mampu menghasilkan udara segar 24 jam yang diterima oleh masing-masing ayam. Dengan sistem ventilasi yang lancar dan alami, ayam tentu lebih mudah beradaptasi dan merasa nyaman.

2. Pemantauan

Selain menyamankan ayam, peternak pun diuntungkan dengan modal kandang baterai berbahan bambu. Setidaknya, pengamatan terhadap ayam jauh lebih maksimal dan cepat. Penanganan terhadap ayam yang sakit bisa dilakukan sesegera mungkin, demi menghindari penularan kepada ayam lainnya.

3. Proteksi

Dalam beberapa kasus, peternak kerap mengeluhkan tindakan kanibalisme dari unggas satu ini. Terkadang ayam bisa bereaksi agresif dan mematuk sesama ayam di kandang. Jika dibiarkan terus-menerus, tentu akan terjadi masalah besar di area kandang.

Cara paling aman tentu memisahkan setiap ayam dengan memberi sekat. Model kandang baterai dinilai efektif, terutama menggunakan bahan bamboo. Sebab ayam tak bisa berinteraksi bebas antara satu dengan lainnya serta bertindak di luar pengawasan.

4. Panen

Proses panen telur pun bisa dilakukan lebih mudah, sebab prosesnya searah dengan pemberian pakan. Telur yang dihasilkan pun jauh lebih bersih dan aman dibandingkan kandang besar tanpa sekat.

Jual Ayam Petelur Dewasa

Anda ingin membeli ayam petelur dewasa siap panen? Kami dari CV. Nitnot sudah hampir 3 tahun dipercaya sebagai penyedia ayam dewasa siap panen berkualitas tinggi dengan dukungan armada mobil kami yang sangat banyak kami akan mengantarkan ayam pesananan anda sesuai lokasi anda dengan selamat.

Ayo segera order ayam joper siap panen dari kami! jika ada yang mati, kami siap garansi potong harga di tempat apalagi kami menggunakan sistem bayar di tempat, solusi belanja ayam murah dan aman. Untuk pemesanan silahkan menghubungi kontak yang berada di bawah layar anda.

Bayangkan saja kalau cara ini Anda terapkan pada ukuran kandang ayam petelur 300 ekor? Berapa banyak kira-kira produksi telur yang dihasilkan dalam sebulan? Tentu sangat menguntungkan bukan?

Related Posts

Leave a Comment